Senin, 18 November 2019

140 Hektare Lahan PT ABT Disegel Polisi


Kamis, 03 Oktober 2019 | 22:35:50 WIB


Anggota Satreskrim Polres Tebo saat menyebel lahan PT ABT di Desa Pemayongan, Kecamatan Sumay
Anggota Satreskrim Polres Tebo saat menyebel lahan PT ABT di Desa Pemayongan, Kecamatan Sumay / metrojambi.com

MUARATEBO - Akibat lalai, akhirnya lahan seluas 140 hektare milik PT Alam Bukit Tigapuluh (ABT) di Desa Pemayongan, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Jambi disegel pihak kepolisian.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Tebo, melalui Kasat Reskrim AKP Muhammad Reidho Syawaluddin Taufan, Kamis (3/10/2019), di Mako Polres Tebo.

Riedho mengaku, penyegelan ini dilakukan terkait kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di lahan perusahaan tersebut.

"Selasa (1/10/2019) kemarin kita segel dan kita pasang police line. Yang kita segel adalah lahan yang terbakar, seluas 140 hektare," kata Riedho.

Dikatakannya lagi, hasil penyelidikan awal, PT ABT tidak memiliki kelengkapan untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Kelengkapan penanganan Karhutla kurang. Air, embung, tower dan peralatan yang lain juga kurang memadai," ujarnya.

Saat ditanya apakah pihaknya telah menetapkan tersangka pada kasus tersebut, Riedho mengatakan saat ini masih dalam tahap penyelidikan. “Jadi kami belum sampai ke situ, namun tidak menutup kemungkinan bakal ada tersangka," kata dia.

Selain PT ABT, Riedho mengatakan pihaknya juga tengah melidik dua perusahaan lain yakni PT Makin dan PT Skona. "Dua perusahaan Ini masih tahap lidik, nanti kalo sudah ada hasilnya akan kami sampaikan kepada rekan-rekan," pungkasnya.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments