Senin, 18 November 2019

Jelang Penilaian Tingkat Nasional, Perpustakaan SD 1 Kota Jambi Terus Berbenah


Jumat, 04 Oktober 2019 | 14:43:40 WIB


Perpustakaan SDN 1 Kota Jambi terus berbenah menjalan penilaian tingkat nasional
Perpustakaan SDN 1 Kota Jambi terus berbenah menjalan penilaian tingkat nasional / jay/metrojambi.com

JAMBI – Keberadaan perpustakaan sekolah harus menjadi tempat yang nyaman bagi siswa dan guru saat membaca buku. Perpustakaan juga harus dikelola menjadi rumah yang nyaman.

Seperti halnya perpustakaan Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Kota Jambi yang saat ini terus berbenah dan melakukan perbaikan menuju penilaian sekolah perpustakaan tingkat nasional.

Petugas perpustakaan SD Negeri 1 Kota Jambi, Siti Aminah menyebutkan, ruangan khusus untuk membaca dibuat bagi anak agar tidak terganggu dengan pembaca yang lain.

Selain itu ada ruang pelayanan untuk yang ingin meminjam atau mengembalikan buku yang ingin dibaca. Kemudian, ada ruangan khusus buku referensi, di mana buku ini tidak dapat dipinjam pulang melainkan dibaca di tempat.

Menurutnya, perpustakaan ini, dibangun oleh Yayasan Taman Bacaan Indonesia, dengan didanai Pertamina. "Namun pada tahun 2004-2008, yayasan tidak beroperasi," ungkapnya, Jumat (4/10/2019).

Selanjutnya perpustakaan diambil alih oleh SD 01 sampai saat ini. ‘’Selain sosialisasi dari pihak pengelola perpustakaan, anak-anak juga terus didorong oleh guru kelas masing-masing dengan mewajibkan membaca selama 15 menit di perpustakaan setiap hari.

"Tidak hanya di perpustakaan, masing-masing kelas juga memiliki sudut baca yang memungkinkan anak untuk membaca setiap ada waktu luang," jelasnya.

Ia berharap Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Jambi, maupun pemerintah provinsi lebih memperhatikan perpustakaan di sekolah dengan menambah berbagai buku bacaan.

‘’Sarana dan prasarana yang belum lengkap demi kemajuan perpustakaan juga perlu ditambah. Kita berharap perpustakaan sudah lengkap sebelum tim penilai hadir di SD Negeri 1," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments