Sabtu, 16 November 2019

Assessment Tahap Dua Selesai, Hasilnya akan Langsung Diserahkan ke Gubernur


Jumat, 04 Oktober 2019 | 19:44:33 WIB


Kepala BKD Provinsi Jambi Husairi
Kepala BKD Provinsi Jambi Husairi / dok.metrojambi.com

 JAMBI - Proses assessment 37 pejabat eselon II Pemerintah Provinsi Jambi sudah menyelesaikan tahapan wawancara oleh panitia seleksi (pansel). Nantinya untuk hasil wawancara pansel tersebut akan langsung diserahkan ke Gubernur Jambi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi Husairi mengatakan, hasil ini akan segera diproses secepatnya tanpa diketahui peserta assessment.

"Kita untuk proses ini hanya urusi administrasi. Untuk teknisnya seperti seleksi pertama, peserta juga takkan tahu hasil penilaiannya. Nanti untuk yang kedua ini akan diserahkan Pak Sekda ke Pak Gubernur langsung," ujarnya, Jumat (4/10/2019).

Sedangkan terkait materi yang diwawancarai tim pansel, Husairi menyebut masih berkutat dengan tupoksi OPD yang dipimpin selama ini. "Tupoksi jabatan kami, apa yang sudah dilakuakan dan apalagi prospek kedepan, kurang lebih sama dengan assesor riau," katanya.

Ditambahkan Husairi, hasil assessment secara keseluruhan ini baru bisa diterapkan pada anggaran baru 2020 mendatang. Ini mengingat masih butuh pertanggung jawaban kepala OPD lama untuk tahun ini.

"Insya Allah tahun 2020 awal baru bisa dirotasi," terangnya.

Husairi mengatakan, hal ini bisa saja merupakan rotasi terakhir yang terjadi. Mengingat dalam peraturan penggantian pejabat di Kemendagri dan KASN bisa dilakukan paling lambat enam bulan sebelum masa jabatan Gubernur habis.

Artinya, dari jabatan Gubernur yang berakhir pada Februari 2021, September 2020 bisa saja menjadi peluang terakhir untul rotasi. Namun ini juga belum jelas mengingat pada bulan itu berlangsung kontestasi pemilihan Gubernur.

"Untuk hal pilkada bukan bidang kita, yang jelas enam bulan sebelum berakhir jabatan Gubernur jangankan lelang rotasi saja tak boleh, kecuali minta izin tertulis dari Kemendagri dan selanjutnya beproses di KASN setelah sk mendagri keluar," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments