Minggu, 20 Oktober 2019

Oknum Polisi Diduga Terlibat Illegal Logging di Tebo Ditangkap


Selasa, 08 Oktober 2019 | 21:48:09 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARATEBO - Oknum anggota polisi, Bripka S diduga terlibat praktik ilegal loging. Bripka S yang diketahui bertugas di Polresta Jambi dan pada Minggu (6/10) diamankan beserta dua barang bukti berupa truk bermuatan kayu bulat oleh Tim Satreskrim Polres Tebo.

Ketika diamankan di hadapan anggota, Bripka S tidak bisa menunjukan dokumen pengangkutan kayu bulat. Hal ini dibenarkan langsung oleh Kasat Reskrim, AKP M Riedho saat dikonfirmasi wartawan.

Riedho menjelaskan kronologis penangkapan oknum anggota polisi tersebut berawal pada Sabtu (05/10) tepat pukul 23.00 WIB. Ketika itu Kasat Reskrim Polres Tebo dan anggota sedang melakukan patroli di Simpang Betung Desa Sungai Aro, Tebo Ilir.

\"Saat kita dapatkan informasi bahwa ada mobil yang mengangkut kayu bulat dan pecahan, bersama anggota kita langsung melakukan patroli,\" ujarnya.

Selanjutnya, kata Kasat, pada Minggu (6/10) tepat pukul 01.00 Wib pihaknya bersama anggota Polres Tebo melihat 2 unit mobil truk dengan bak tertutup warna kuning dan hitam dengan nopol BH 8492 WM dan BH 8516 WM sedang mengangkut kayu bulat dan pecahan dari arah Betung.

\"Saat melntas saya bersama anggota langsung memberhentikan mobil truk tersebut dan mengecek tentang dokumen kayu yang diangkut,\" beber Kasat lagi.

\"Setelah di cek ternyata tidak bisa memperlihatkan dokumennya. Akan tetapi menurut penjelasan orang yang mengangkut kayu tersebut dokumennya ada pada Bripka S yang sedang mengawal mobil tersebut,\" ujar Kasat.

Lalu ketika i tanyakan Bripka S tidak dapat memperlihatkan dokumennya dan dari kejadian tersebut. Bripka S sempat melakukan perlawanan dan mencoba menghalang-halangi Kasat Reskrim Polres Tebo dan anggota dalam mengamankan kayu yang diangkut oleh 2 mobil truk tersebut yang dikawal oleh Bripka S.

\"Akhirnya saya dan anggota pun berhasil mengamankan pelaku dan barang bukti,\" jelasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya Bripka S dapat dikenakan Pasal dalam UU yg diterapkan yakni Pasal 83 ayat (1) huruf b jo pasal 12 huruf e dan/atau pasal 88 ayat (1) huruf a Jo pasal 16 UU RI Nomor 18 Tahun 2013 ttg P3H.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments