Jumat, 18 Oktober 2019

Bupati Syahirsah Hadiri Grand Launching IAI Nusantara Batanghari


Selasa, 08 Oktober 2019 | 13:20:39 WIB


Bupati Batanghari bersama Guru Besar Universitas Airlangga dan didampingi tamu undangan saat melaunching IAI Nusantara Batanghari
Bupati Batanghari bersama Guru Besar Universitas Airlangga dan didampingi tamu undangan saat melaunching IAI Nusantara Batanghari / Chy / Metrojambi.com

BATANGHARI - Bertempat di Gedung Pemuda Muara Bulian, Bupati Batanghari Ir.H.Syahirsah,SY menghadiri acara Grand Launching Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batanghari dan Launching KTM Berlogo YNS, serta Penciptaan 1000 Investor Baru.

Acara tersebut juga dirangkai dengan kegiatan Seminar Nasional Dalam Rangka Kuliah Umum, Selasa (08/10).

Selain Bupati Batanghari Ir. Syahirsah SY, tampak hadir juga Wakil Ketua DPRD Batanghari Hj. Yuninta Asmara SH, Guru Besar Universitas Airlangga/Anggota BPK Republik Indonesia Prof.Dr.H.Harry Azhar Aziz, M.A, Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan PT.Bursa Efek Indonesia Dedy Priyadi, Sekretaris Kopertais Wilayah XIII Dr.Asad Isma,M.Pd, Rektor IAI Nusantara Batanghari Zulqarnain,S.Ag, M.Hum.,Ph.D, Ketua YPI Batanghari Drs.H. Mohd Damiri dan ratusan Mahasiswa serta tamu undangan lainnya.

“Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) awal bermula dari sejarah berdirinya yayasan majelis pembangunan Pendidikan Islam yang berkedudukan di Muara Bulian. Awal berdirinya pada 25 Oktober 1986 atas kesepakatan para pendiri yayasan Majelis Pembangunan Pendidikan Islam berubah menjadi Yayasan Pendidikan Islam," ungkap Bupati Batanghari, Ir. Syahirsah SY.

Dikatakan Bupati, untuk menjajaki berdirinya Perguruan Tinggi Islam di Muara Bulian, Bupati Batanghari menerbitkan surat edaran dengan nomor : 45/4/1316/1986 tanggal 19 Juni 1986 tentang pembentukan tim khusus pada akhirnya maka berdiri Sekolah Tinggi Islam Tarbiyah (STIT) Muara Bulian yang berada di bawah Kopertis VI.

"Dengan keinginan dari pihak yayasan untuk menambah prodi baru di bawah Fakultas Syariah, pada akhirnya diberikan izin oleh Dirjen Dikti dan resmi menerima mahasiswa baru pada Tahun Akademik 2010/2011 pada saat itu juga nama STIT Muara Bulian berubah menjadi STAI Muara Bulian. Akhirnya berkat perjuangan kita semua dari civitas akademika Pemerintah daerah maupun masyarakat," ungkapnya.

Dilanjutkan Syahirsah, tepat pada tanggal 5 September 2019 untuk pertama kalinya di Kabupaten Batanghari dilaksanakan pelantikan pertama Rektor IAI Nusantara Batanghari, sehingga Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) berubah status menjadi Institut Agama Islam Nusantara (IAI Nusantara).

"Pemerintah Kabupaten Batanghari mempunyai komitmen untuk memajukan kualitas pendidikan dengan bagusnya pendidikan akan berdampak pada kemajuan daerah, oleh karena maju atau tidaknya suatu daerah sangat dipengaruhi oleh faktor pendidikan," pungkasnya.


Penulis: Chy/Adv
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments