Jumat, 15 November 2019

Kampus Unja Kuala Tungkal Diambang Tutup, Sejumlah Alasan Jadi Penyebab


Rabu, 09 Oktober 2019 | 16:25:12 WIB


Kampus Unja Kuala Tungkal
Kampus Unja Kuala Tungkal / Muammar Solihin/Metrojambi.com

KUALA TUNGKAL- Kampus Universitas Jambi (Unja) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) tampaknya akan segera ditutup.

Kampus yang berada di Jalan Harapan, Kelurahan Tungkal Harapan ini dalam dua tahun terakhir sudah tidak lagi menerima mahasiswa baru.

Informasi yang dihimpun, di Kampus Unja tungkal terdapat dua fakultas,  yakni fakultas hukum dan ekonomi. Fakultas hukum diketahui sudah dalam kurun dua tahun terakhir tidak menerima mahasiswa baru. Sementara fakultas ekonomi pada tahun 2019 ini juga sudah menghentikan penerimaan mahasiswa baru.

Dekan Fakultas Ekonomi Unja Drs H Amril ME dihubungi metrojambi.com membenarkan bahwa kampus Unja Kuala Tungkal sudah tidak menerima mahasiswa baru dan akan ditutup.

“ Alasannya karena saat ini tidak diperbolehkan lagi adanya kelas jauh,” sebutnya.

Ia menyebut adanya kelas jauh juga saat ini tidak efektif dalam perkuliahan, apalagi seharusnya Unja Tungkal melakukan perkuliahan secara reguler yakni setiap hari. Selain itu, kata Amril, salah satu faktor yang juga membuat pihak unja akan menutup kampus di Kuala Tungkal karna tidak adanya dosen tetap yang tinggal di Tungkal.

“ Kita juga kesulitan mencari dosen untuk stay disana,” jelasnya.

Mengenai adanya isu yang menyebut bahwa ditutupnya kelas jauh karna Pemkab tidak mau menghibahkan gedung Unja Kuala Tungkal. Amril membantah hal tersebut. Menurutnya selama Kampus Unja Tungkal dibuka Pemkab Tanjabbar selalu men-support.

“ Saya juga beberapa waktu lalu juga ada bertemu bupati, bupati juga menyayangkan Unja Tungkal ditutup,” sebutnya.

Mengenai mahasiswa yang ada saat ini, Amril mengatakan perkuliahan akan tetap dilanjutkan hingga akhir. Jadi mahasiswa tetap akan kuliah di Unja Kuala Tungkal hingga selesai.


Penulis: Muammar Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments