Senin, 14 Oktober 2019

Dinas Kominfo Batanghari Gelar Sosialisasi Statistik Sektoral


Rabu, 09 Oktober 2019 | 22:45:10 WIB


Sosialisasi yang digelar Dinas Kominfo Batanghari
Sosialisasi yang digelar Dinas Kominfo Batanghari / metrojambi.com

 MUARABULIAN - Dinas Kominfo Kabupaten Batanghari melalui Bidang Persandian, Rabu (9/10/2019), menggelar sosialisasi penyelanggaraan statistik sektoral di lingkup Pemerintah Kabupaten Batanghari.

Sosialisasi tersebut digelar dalam rangka penyusunan data dan informasi sektoral daerah tahun 2019. Melalui sosialisasi ini, masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta menjadi produsen data.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Persandian dan Statistik Dinas Kominfo Batanghari, Riki Jaya Pratama, saat memberikan sambutan.

\"OPD sebagai penyaji data dan menyampaikan kepada Dinas Kominfo, yang dalam hal ini sebagai walidata. Ini berguna terwujudnya  forum satu data di Kabupaten Batanghari,\" ujarnya.

Acara yang bertempat di aula kantor Bappeda Batanghari ini dibuka oleh Asisten I Setda Batanghari, Very Ardiansyah. Dihadiri oleh Narasumber dari Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Sabriyanto, dan diikuti oleh peserta dari perwakilan OPD di lingkup Pemkab Batanghari.

Disambung oleh Riki Jaya Pratama, dilaksanakannya sosialisasi statistik sektoral ini bertujuan untuk membangun kesamaan pahaman dan memperkuat data internal dari masing-masing OPD.

\"Dimana OPD tersebut ditugaskan sebagai produsen data dalam penyelanggaran statistik sektoral kepada Diskominfo. Jadi Kominfo dalam hal ini sebagai wadah komunikasi koordinasi kegiatan statistik sehingga dapat menumbuhkan sinergitas antara BPS dan dinas lainnya dalam menyediakan data khusus,\" beber Riki.

Sementara itu, Asisten I Very Ardiansyah menyampaikan bahwa statitik sektoral merupakan peranan penting sebagai sumber data bagi perencanaan ataupun pelaksanaan dan pengendalian pembangunan daerah.

\"Selain itu sosialisasi statistik sektoral tidak saja penting bagi pemerintah daerah. Akan tetapi juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan stakeholder dalam merencanakan dan memperbaiki kualitas kehidupan sosial ekonomi,\" ujar Very.

Dengan demikian diharapkan kepada seluruh perwakilan OPD agar dapat menyelenggarakan sektoral sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing dengan baik dan akurat.

\"Dan dapat menghasilkan daftar informasi publik yang akan dipublikasikan oleh Dinas Kominfo,\" beber Very.

Selanjutnya, diminta kepada seluruh peserta yang hadir agar dapat mengikuti sosialisasi ini dengan penuh kesungguhan. \"Sehingga dapat memahami dan menerapkan data dan informasi yang sesuai,\" pungkasnya.


Penulis: Chy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments