Jumat, 15 November 2019

Beban Kerja Guru, Kepala dan Pengawas Sekolah Harus Terpenuhi


Kamis, 19 September 2019 | 23:05:09 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi sejak beberapa waktu lalu mengunjungi sekolah-sekolah, baik SD maupun SMP untuk memberikan penyuluhan Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 tentang pemenuhan beban guru, kepala, dan pengawas sekolah.

"Termasuk masalah penguatan beban kerja mereka," ungkap Harwin Bantir, Kabid GTK Disdik Kota Jambi, Kamis (19/9/2019).

Harwin menyebutkan, penguatan beban kinerja yang dimaksud adalah, guru harus mengajar selama 24 jam, sedangkan kepala sekolah dan pengawas sekolah masing-masing 40 jam dalam seminggu. "Jumlah jam tersebut harus dipenuhi," jelasnya.

Selain itu, implementasi program kerja, mulai program tahunan, semester, mingguan serta harian. "Guru juga harus menyiapkan RPP sebelum mengajar," katanya.

Tujuannya, agar pembelajaran kurikulum 2013 dapat terlaksana dengan baik, dan peserta didik bisa memahami, mengamati, serta menganalis metode pembelajaran baik di kelas maupun luar kelas.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 10, Rubiati, menyambut baik kehadiran pihak GTK Disdik Kota Jambi yang memberikan pemahaman soal beban kerja guru, kepala dan pengawas sekolah sesuai aturan Permendikbud. "Komunikasi antara sekolah dan dinas memang harus terjalin," ujarnya.

Ia berharap, dengan komunkasi yang baik antara guru, kepala, pengawas sekolah, dan dinas akan menghasilkan kualitas pendidikan yang baik, serta tercipta inovasi yang dapat berdampak bagi kualitas anak didik. "Pada akhirnya siswa akan selalu menghasilkan prestasi," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments