Minggu, 9 Agustus 2020

Alat Berat Bantuan Pemprov Jambi untuk Pemkab Kerinci Tak Jelas Keberadaanya


Jumat, 11 Oktober 2019 | 10:43:01 WIB


Alat berat bantuan Pemprov Jambi
Alat berat bantuan Pemprov Jambi / Dok/metrojambi.com

KERINCI - Bantuan berupa dua unit alat berat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi yang diserahkan oleh Gubernur Jambi Zumi Zola pada Maret 2018 lalu kepada dua kecamatan di Kabupaten Kerinci, saat tidak diketahui dimana keberadaan.

Adapun dua kecamatan yang mendapatkan bantuan alat berat tersrbut adalah Kecamatan Kayu Aro dan Kecamatan Batang Merangin.

Dua alat berat jenis eskavator ini diserahkan untuk kepentingan masyarakat, baik untuk pertanian maupun untuk membangun jalan-jalan lingkungan. Selain itu, juga bisa digunakan untuk daerah yang rawan terjadi bencana longsor dan banjir di Kabupaten Kerinci.

Menurut keterangan Wandi, salah seorang warga Kayu Aro, bantuan alat berat yang diserahkan oleh Gubernur Jambi setahun yang lalu tidak diketahui dimana keberadaannya.

"Setelah diserahkan oleh Gubernur Jambi setahun yang lalu, sampai saat ini tidak terlihat lagi," ujarnya, Jumat (11/10/2019).

Informasi yang diterima, lanjutnya, alat berat tersebut pernah terlihat terparkir di kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di kompleks perkantoran Pemkab Kerinci.

"Tapi sekarang tidak terlihat lagi. Apakah alat berat tersebut dibawa ke kantor PUPR yang baru di Bukit Tengah, itu kita tidak tahu," ungkapnya.

Dikatakannya lagi, pada saat bencana banjir bandang dan lahar dingin menerjang sejumlah desa di Kayu Aro dan Gunung Tujuh beberapa waktu yang lalu, warga sempat ingin meminjamkan alat berat tersebut di PUPR Kerinci untuk menormalisasi sungai dan membersihkan material banjir, namun tidak diberikan.

"Waktu itu kita dikasih alat berat yang lama bukan yang baru. Jadi bantuan alat berat dari provinsi dikemanakan," cetusnya.

Bahkan Wandi mengatakan dirinya mendapat informasi bahwa alat berat tersebut dipakai salah satu pengusaha di Kerinci untuk membuka lahan perkebunan.

"Mungkin alat berat tersebut disewakan oleh Dinas PUPR kepada pengusaha tersebut, jika memang disewakan uangnya kemana," pungkasnya.

Sementara itu, Camat Kayu Aro Edi Ruslan saat dikonfirmasi mengatakan sesudah serah terima alat berat tersebut, dirinya tidak tahu dimana keberadaannya.

"Waktu penyerahan memang saya yang menerimannya, tapi setelah itu gak tau dimana," ujarnya singkatnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments