Minggu, 15 Desember 2019

Penyusunan AKD Rampung, Dewan Segera Bahas RAPBD


Jumat, 11 Oktober 2019 | 10:55:39 WIB


/ Budi/Metrojambi.com

MUARABUNGO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bungo telah merampungkan penyusunan Alat Kelengkapan Dewan. Penyusunan AKD dilakukan dalam rapat paripurna yang digelar hingga Rabu (9/10/2019) malam.

Dalam paripurna tersebut, masing-masing fraksi mengusulkan nama anggotanya yang akan dimasukkan dalam AKD, mulai dari Komisi, Badan Musyawarah (Bamus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Pembentukan Perda, Badan Kehormatan (BK), dan alat kelengkapan lainnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bungo Jumiwan Aguza mengatakan, sesuai dengan PP Nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Pasal 31 ayat (5), pembentukan AKD dilaksanakan pada awal keanggotaan sebagai anggota DPRD, dan mempedomani Tata Tertib DPRD Kabupaten Bungo.

Disebutkatkannya, di Komisi I nama Rosehan Anwar dari Fraksi PAN dipercaya menjadi ketua. Rosehan didampingi Hozin (PKS) sebagai wakil ketua dan Marhoni Suganda (Nasdem) sebagai sekretaris komisi.

Di Komisi II, Hamdan dari Fraksi NasDem menjadi ketua komisi. Rozali (Hanura) menjadi wakil ketua. Sementara sekretaris dipercayakan kepada Hambali.

Untuk Komisi III, ketua dipercayakan kepada Darwandi (Gerindra). Wakil ketua diisi oleh Djusri Ramli (Berkarya/PPP), dan sekretaris Andri Sanusi dari Fraksi PAN.

Untuk Badan Kehormatan (BK) terpilih Syaiful Bakhri (PKB) sebagai ketua, dengan anggota Asnadi (Hanura), Hambali (Gerindra), Alfian (PAN), dan Marwansyah Putra Siregar (Berkarya/PPP). Bapemperda diisi Dharmawan (PKS) sebagai ketua dan Rosmala Dewi (PKB) sebagai wakil ketua.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Bungo Martunis mengatakan, setelah terbentuknya AKD pihaknya bisa bekerja dengan maksimal. Ia mengatakan, masing-masing AKD akan menggelar rapat untuk langkah selanjutnya.

"Setelah terbentuknya AKD, harapan kita DPRD bisa bekerja dengan maksimal dan bisa bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing," ujar Martunis.

Bukan hanya itu, setelah AKD lengkap, DPRD Bungo akan segera membahas RAPBD tahun 2020.

"Pansus Tatib, juga sudah kita bentuk. Setelah masing-masing AKD nantinya selesai rapat, secepatnya kita akan membahas KUA-PPS untuk APBD 2020 paling lambat awal November harus sudah kita mulai bahas," ujar Martunis.


Penulis: Budi Prasetyo
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments