Minggu, 15 Desember 2019

Akhirnya Para Saksi Terus Terang, Headline Harian Pagi Metrojambi Edisi Jumat 11 Oktober 2019

Terima Uang Ketok Palu RAPBD, Delapan Anggota DPRD 2014-2019 Bersaksi di Sidang Asiang

Jumat, 11 Oktober 2019 | 13:48:34 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI – Sidang kasus suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi dengan terdakwa Asiang, kembali digelar kemarin. Delapan anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019 dihadirkan sebagai saksi dalam kasus itu.

Saksi pertama yang dihadirkan yakni para mantan pimpinan DPRD, mulai dari Cornelis Buston, Syahbandar dan Chumadi Zaidi. Ketiganya ditanya terkait uang ketok palu pengesahan RAPBD.

Dalam keterangannya, para pimpinan dewan ini mengelak disebut sebagai inisiator uang "ketok palu". Pimpinan dewan ini menyebutkan, bahwa uang ketok palu berawal dari permintaan anggota. 

Menurut CB, ia mendapat informasi ada penyerahan uang dari terdakwa kepada Plt Kadis PU Provinsi Jambi, Arpan. CB mengaku, penyerahan itu dilakukan tanpa sepengetahuan dirinya. "Saya tidak tahu, karena itu tanpa sepengetahuan saya, mereka (anggota) bergerak sendiri. Apakah ketua fraksi menerima, itu saya tidak tahu," katanya. 

Begitu juga dengan Syahbandar dan Chumaidi Zaidi, mengaku tidak tahu apakah ketua-ketua fraksi  menerima atau tidak uang ketok palu. "Saya tidak tahu," jawab keduanya ketika ditanyai majelis hakim. 

Meski tidak tahu pasti, namun menurut CB mengungkapkan, penyerahan uang itu ada hubungannya dengan pengesahan RAPBD. Menurut dia, kalau tidak ada uang itu anggota memboikot paripurna. "Siapa yang ngomong seperti?" tanya hakim ketua Viktor Togi R. "Itu pemikiran saya," jawab CB.

Baca selengkapnya di Harian Pagi Metrojambi


Penulis: ria
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments