Selasa, 19 November 2019

Remisi Napi yang Berupaya Kabur Dari Lapas Jambi Terancam Dicabut


Senin, 14 Oktober 2019 | 14:36:34 WIB


Kanwil Kemenkumham Jambi, Agus Nugroho Yusuf
Kanwil Kemenkumham Jambi, Agus Nugroho Yusuf / istimewa

JAMBI - Kepala Kantor Wilayah Kementerian hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Jambi Agus Nugroho Yusuf mengancam akan mencabut remisi atau pengurangan hukuman terhadap sembilan orang narapidana (napi) yang pada Minggu (13/1/0/2019) kemarin kedapatan hendak kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Jambi.

Tidak hanya terhadap napi, Agus juga mengatakan akan memberikan sanksi kepada petugas Lapas jika terbukti lalai atau ikut terlibat dalam kejadian tersebut. Hal ini disampaikan Agus saat dikonfirmasi wartawan, Senin (14/10/2019).

Ia pun menyesalkan adanya kejadian tersebut. Agus mengatakan, ia sudah berkali-kali menyampaikan kepada para napi saat melakukan evaluasi maupun monitoring, jika ada masalah agar disampaikan kepada pihak Lapas.

"Jangan ambil keputusan sendiri (untuk melarikan diri, red). Jika mengambil keputusan dan tertangkap saya akan cabut semua remisi," tegas Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan, upaya melarikan diri tersebut dilakukan sejumlah napi pada siang hari, pada saat jadwal ibadah. Agus menyebutkan, hanya 4 dari 9 napi yang melakukan upaya melarikan diri.

Dikatakannya lagi, 2 orang napi terjun ke sungai. Namun setelah itu tinggal 1 napi yang berusaha mencari cara untuk keluar karena terhalang tembok beton yang berseberangan dengan sungai. Sementara 1 lagi kembali ke tempat awal.

“Yang terlibat napi kasus narkotika dan pidana umum,” ujarnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait kejadian ini. “Kita juga melakukan langkah antisipasi agar kejadian serupa tidak terjadi lagi,” pungkasnya.


Penulis: Mg4 Mg5
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments