Rabu, 20 November 2019

Pejabat Eselon III dan IV Diasesmen, Husairi: Ini Bagian Dari Rencana Kerja BKD


Senin, 14 Oktober 2019 | 23:15:47 WIB


Kepala BKD Provinsi Jambi Husairi
Kepala BKD Provinsi Jambi Husairi / dok.metrojambi.com

JAMBI - Sebanyak 100 orang pejabat eselon III (kepala bidang) dan IV (kepala seksi) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi hari ini, Senin (14/10/2019), mulai di-assesment oleh 11 tim penguji dari assessor Riau, yang berlangsung di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jambi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi Husairi, saat dikonfirmasi ulang mengatakan assesment tersebut merupakan rencana kerja (Renja) BKD yang dilakukan dalam kurun waktu lima tahun.

"Harusnya dari 2016 sampai 2021. Namun ini dilaksanakan (2019,red) karena kita sudah memperoleh anggaran," ujarnya tanpa menyebutkan secara pasti jumlah anggaran itu.

Husairi menjelaskan, tujuan assesment dilakukan tak lebih untuk menilai kinerja para pejabat eselon III dan IV itu sendiri. Menurutnya, bagi mereka yang berpotensi atau berprestasi dalam kinerja, maka berkemungkinan jabatannya bisa ditingkatkan lagi. Dicontohkan Husairi, semisal pejabat eselon IV bisa menjadi eselon III, begitu juga eselon III bisa menajdi eselon II.

"Dibuat semacam pemetaan. Setelah di assesment ini ternyata nilainya bagus, apabila kedepan untuk Eselon III, kita tidak perlu mencari, tinggal melihat hasil dari pemetaan jabatan tersebut. Sehingga penempatan seseorang sesuai penempatannya," ungkapnya.

Untuk waktu pelaksanaan assesment ini, kata Husairi akan dilaksanakan hingga tanggal 17 Oktober mendatang. Dimana hari ini lokasinya difokuskan di Bappeda, sedangkan sisanya di aula BPSDM Provinsi Jambi. "Tiga hari selanjutnya itu untuk proses wawancara berbasis kompetensi (WBK)," tuturnya.

Ditanyakan pejabat dari OPD mana saja yang banyak di assesment, Husairi menyebut jumlahnya sama rata. "Untuk lebihnya ya satu, dua ada dari BKD. Selain itu keterwakilan setiap masing-masing OPD wajib ada. Yaitu 40 orang di eselon III dan 60 orang di eselon IV," bebernya.

Sementara itu terkait sistim pemilihannya, Husairi mengaku dilakukan secara sistim acak dengan melihat potensi usia dari para pejabat. "Ini dilakukan oleh BKD. Kedepan kita berharap semuanya harus di assesment," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments