Rabu, 20 November 2019

RSJ Jambi Belum Terima Laporan Ada Pasien Anak Karena Kecanduan Gadget


Selasa, 15 Oktober 2019 | 16:45:28 WIB


Rumah sakit Jiwa Jambi
Rumah sakit Jiwa Jambi / istimewa

JAMBI - Teknologi gadget saat ini tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan masyarakat untuk menjalani kesehariannya. Penggunaan gadget nyatanya juga sudah mulai mewabahi anak-anak. Padahal, sebagian orangtua mungkin sudah menyadari tentang dampak maupun bahaya gadget bagi anak.

Penggunaannya yang berlebihan tentu bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan fisik maupun mental anak. Bahka, bagi anak-anak yang kecanduan gadget, diharuskan menjalani rehabilitasi dan rawat jalan.

Plt Kepala Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jambi Fahrurazi saat dikonfirmasi mengatakan, untuk saat ini belum adanya laporan pasien akibat ketergantungan gadget, handpone, atau tablet.

"Yang dirawat nggak ada. Kalau seandainya berobat, konsultasi sekedar rawat jalan sejauh ini belum ada laporan," ujarnya usai menghadiri rapat paripurna di DPRD Provinsi Jambi, Selasa (15/10/2019).

Fahrurazi menyebutkan dampak dari penggunaan gadget oleh anak-anak yang tak terkontrol orang tuanya, menyebabkan perubahan perilaku dan mengganggu pikiran. Oleh karena itu, Dirinya menganjurkan untuk diharuskan berkonsultasi ke dokter spesialis jiwa atau psikolog.

"Namun dua pelayanan ini di RSJ belum melaporkan. Sementara juga laporan dari bagian layanan rawat jalan belum ada naik," katanya.

Kalaupun nantinya di RSJ Jambi terdapat pasien yang dimaksud, Fachrurazi menyebut akan langsung diperiksa ke spesialis jiwa, baik itu di praktik swasta maupun di rawat jalan RSJ sendiri. Ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya memberikan solusi bagi orang tuanya dalam menanggulangi ketergantungan gadget, handpone atau tablet.

"Karena juga berpengaruh terhadap pikiran. Artinya lebih kepada bagaimana cara mengajak anaknya supaya lepas dari itu. Untuk jangka waktunya, tentu secara bertahap di setiap anak," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments