Sabtu, 16 November 2019

Prof. Suaidi Dikabarkan Terpilih Sebagai Rektor UIN STS Jambi


Rabu, 16 Oktober 2019 | 07:59:41 WIB


/ istimewa

 JAMBI - Prof. Suaidi Asyari dikabarkan terpilih sebagai rektor Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi yang baru menggantikan Hadri Hasan.

"Dapat kabar rektor definitif sudah diumumkan. Yang terpilih Pak Suaidi," ujar sumber metrojambi.com.

Sementara itu, Plt Rektor UIN STS Jambi Prof. Arskal Salim saat dikonfirmasi metrojambi.com belum bersedia memberikan keterangan terkait informasi tersebut.

"Kita tunggu info resminya siang ini," ujar Arskal via pesan WhatsApp.

Sebelumnya, ada delapan nama calon rektor UIN STS Jambi yang diusulkan ke Kementerian Agama (Kemenag). Selain Prof. Suaidi, tujuh nama lainnya adalah Prof. H. Martinis Yamin, Prof. Maisam, Prof. H. Mukhtar, Prof. H. Ahmad Syukri, Prof. Subhan, Prof. H. M. Hasbi Umar, dan Prof. H. Lias Hasibuan.

Pemilihan rektor pada periode ini berbeda dengan pemilihan rektor pada periode sebelumnya. Pada periode kali ini, tidak ada sistem voting yang dilakukan oleh senat untuk memilih calon rektor.

Senat hanya memberikan pertimbangan kualitatif terhadap bakal calon rektor dan calon rektor yang akan di usulkan ke Kemenag. Pertimbangan kualitatif yang diberikan senat UIN tersebut diantaranya meliputi, kemampuan manajerial bakal calon, personaliti, kemampuan akademik dan beberapa aspek lainnya.

Penilaian yang diberikan senat UIN kepada calon rektor tersebut terdiri dari beberapa kategori, diantaranya sangat baik, baik, tidak baik, dan sangat tidak baik. Dimana penilaian kualitatif tersebut diberikan senat UIN melalui sidang senat tertutup penyampaian visi misi bakal calon rektor.

Sebelum delapan nama calon rektor UIN tersebut diusulkan ke Kemang, beberapa tahap pemilihan rektor UIN tersebut telah dilakukan. Mulai dari proses pendaftaran bakal calon yang dilaksanakan pada tanggal 11 September yang lalu, hingga penyampaian visi misi dan penilaian kualitatif oleh Senat UIN yang dilaksanakan dari tanggal 1-2 Oktober 2019.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments