Kamis, 21 November 2019

Laksanakan Program Non Fisik TMMD ke 106, Kodim Sarko Gandeng Dinas Koperindag Beri Penyuluhan UMKM


Kamis, 17 Oktober 2019 | 16:00:02 WIB


Kodim 0420/Sarko saat memberikan penyuluhan kepada pelajar SMP dan SMA
Kodim 0420/Sarko saat memberikan penyuluhan kepada pelajar SMP dan SMA / Andi Kurniawan/Metrojambi.com

BANGKO - Salah satu program non fisik kegiatan TMMD Reguler ke 106 Kodim 0420/Sarko adalah memberikan penyuluhan kepada pelajar SMP dan SMA.

Dalam kegiatan yang digelat di aula kantor Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun itu, Kodim 0420/Sarko menggandeng penyuluh dari Dinas Koperindag Kabupaten Sarolangun.

"Penyuluhan ini adalah program non fisik dalam sasaran TMMD 106 Kodim Sarko yang bekerja sama dengan lintas sektoral," ujar Pasiter Kodim 0420/Sarko Kapten Inf Suhadi.

Kondisi perekonomian yang lemah sampai saat ini masih merupakan kendala utama yang dihadapi oleh tiap daerah. Sering kali masalah ekonomi ini mengakibatkan munculnya masalah- masalah sosial lainnya.

Di Desa Lubuk Jering sendiri, mayoritas masyarakat merupakan golongan ekonomi menengah ke bawah. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan kondisi perekonomian  masyarakat Lubuk Jering, Satgas TMMD Reguler 106 Kodim 0420/Sarko melalui program non fisik gandeng Dinas Koperindag Kabupaten Sarolangun beritakan penyuluhan terhadap ratusan pelajar dari beberapa SMP dan SMA wilayah Sarolangun dengan materi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Arifin, S.Ag, penyuluh dari Dinas Koperindag Sarolangun manyampaikan, sasaran adalah para pelajar karena mereka adalah generasi muda yang potensial di masa depan, bisa mandiri dan mampu ciptakan lapangan kerja melalui usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Pelajar adalah generasi muda potensial yang nantinya diharapkan mampu mengembangkan UMKM ini, sejak dini pelajar harus diberi wawasan tentang UMKM sehingga harapan kedepan  pelajar tidak hanya mencari kerja formal tetapi mampu menciptakan lapngan kerja," terang Arifin.

"Terbukanya kesempatan kerja atau kesempatan usaha tambahan baru maka akan tercipta kesempatan kerja baru. Ini artinya jika kita mampu memberdayakan UMKM tersebut, upaya pemberantasan kemiskinan akan berhasil," tandasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments