Minggu, 17 November 2019

Semarak Bulan Inklusi Keuangan, BEI Jambi Gelar Workshop Bersama Wartawan Pasar Modal


Jumat, 18 Oktober 2019 | 11:41:20 WIB


Workshop wartawan pasar modal di BW Luxury hotel, Kota Jambi.
Workshop wartawan pasar modal di BW Luxury hotel, Kota Jambi. / Rina/Metrojambi.com

JAMBI - Meramaikan Semarak bulan inklusi keuangan yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah investor domestik di Indonesia, Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Provinsi Jambi menggelar workshop wartawan pasar modal di BW Luxury hotel, Kota Jambi, Kamis (17/10/2019).

Pada acara tersebut, Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Provinsi Jambi Fasha Fauziah menjelaskan, bulan Oktober ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai bulan Inklusi Keuangan. Inklusi keuangan tidak hanya untuk industri pasar modal saja, akan tetapi juga untuk industri jasa keuangan yang lain seperti perbankan, asuransi dan pembiayaan lainnya.

"Istilah inklusi dalam industri jasa keuangan yaitu melihat seberapa banyak orang menggunakan produknya seperti pasar modal," ujarnya.

Pada kesempatan ini pula, Fasha menyampaikan fungsi pasar modal tak lain adalah mempertemukan pihak yang kelebihan dana dengan pihak yang kekurangan dana. "Jadi siapapun bisa berinvestasi di pasar modal," ujarnya.

Termasuk diantaranya, lanjut Fasha, didominasi oleh kaum muda generasi milenial. Ini terbukti dengan respon yang sangat baik dan jumlahnya mencapai 3779 Single Investor Identification (SID) per September lalu. "Dari data keseluruhan investor Jambi tahun ini yaitu 9663 SID," katanya.

Selanjutnya, masih dalam rangka inklusi keuangan BEI Provinsi Jambi juga akan menggelar Festival akbar Inklusi Keuangan 2019 di Swiss-Belhotel Jambi, Sabtu, (19/10/2019) besok. Festival yang bertemakan

"Meraih Kemerdekaan Finansial melalui Investasi di Pasar Modal pada Era Revolusi Industri 4.0" tersebut, akan menghadirkan narasumber yaitu Lo Kheng Hong selaku Value Investor di Pasar Modal Indonesia dan bintang tamu stand up comedian yaitu Babe Cabita.

"pendaftaran peserta cukup membayar 30 ribu rupiah saja, sudah bisa mengikuti acara Festival akbar Inklusi Keuangan 2019. Dan jika ingin mendaftar persyaratannya, cukup membawa Materai 6000 2 lembar, fotokopi KTP dan Fotokopi Rekening Tabungan," sampainya.

Adapun fasilitas yang akan didapatkan setiap peserta yaitu saldo rekening tabungan saham sebesar Rp 25.000, cashback Rp 100.000 (RDN Sinarmas) dan Kudapan. Info lebih lanjut bisa melihat di akun sosial media Instagram @idx_jambi.

"Dalam acara festival ini kita menargetkan 1.000 investor langsung di Pasar modal," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments