Sabtu, 16 November 2019

Warga SAD Mulai Rasakan Keuntungan Adanya Jalan Setapak


Jumat, 18 Oktober 2019 | 14:49:35 WIB


 Jalan setapak dan jembatan yang dibangun melalui program TMMD ke 106 Kodim 0420 Sarko di kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun.
Jalan setapak dan jembatan yang dibangun melalui program TMMD ke 106 Kodim 0420 Sarko di kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun. / istimewa

SAROLANGUN - Jalan setapak dan jembatan yang dibangun melalui program TMMD ke 106 Kodim 0420 Sarko di kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun yang menghubungkan dengan sudung (tempat tinggal sementara), kini mulai dirasakan manfaatnya oleh warga Suku Anak Dalam (SAD).

Seperti dikatakan Ngaliat (40), salah seorang warga SAD di kawasan TNBD. Dikatakan Ngaliat, adanya jalan setapak dan jembatan di kawasan itu memudahkan warga SAD mengeluarkan hasil hutan.

"Dulu waktu belum ada jalan ini kami sangat kesulitan mengeluarkan rotan, namun dengan dibangunnya jalan ini kami lebih mudah dan cepat walau hanya dengan berjalan kaki," uangkap Ngaliat, Jumat (18/10/2019).

Dikatakannya lagi, selain mempermudah mengeluarkan hasil hutan, dipastikan perekonomian warga SAD meningkat.

"Hasil hutan ini kami jual, nanti kami tukar dengan bahan makanan. Selain itu kami juga lebih mudah mengeluarkan getah karet, sebab selama ini kami sangat kesulitan dengan tidak ada jalan dan jembatan," pungkasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara


comments