Rabu, 12 Agustus 2020

Masih Dievaluasi, 11 Perda Tunggu Jawaban Gubernur


Minggu, 20 Oktober 2019 | 22:31:54 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARATEBO - Penyusunan Peraturan Daerah (Perda) pajak Pemkab Tebo yang sudah melalui proses pengesahan badan legeslatif telah rampung.

Informasinya 11 Perda pajak saat ini tengah dievaluasi oleh Gubernur Jambi Fachrori Umar. Ke 11 Perda produk Pemkab Tebo dan DPRD Tebo saat ini masih menunggu turun dari Kemendagri dan Kemenkeu.

"11 Perda ini kita masih menunggu dari gubernur. Oleh gubernur sudah dievaluasi, terus gubernur akan melakukan konsul dengan Kemendagri dan Kemenkeu," terang Evi Hanifah, Kabag Hukum, Setda Tebo, Minggu (20/10/2019).

Evi menuturkan, jika tahun ini proses penerbitan SK perda tidak menemukan kendala, Insyaallah paling lambat Desember turun. Pasalnya lanjut Evi, 11 Perda yang masih menunggu tersebut sudah disahkan oleh legeslatif pada 2018 lalu.

"Paling lambat informasi dari gubernur pada Desember 2019 sudah selesai," sebutnya.

Memang kata Evi, terkait pembentukan perda pajak prosesnya hingga ke kementerian. Ini berbeda kata dia dengan perda retribusi. "Kalau Perda retribusi cukup sampai gubernur saja," kata dia meyakini.

Sementara itu disampaikan dia, untuk tahun ini yang bakal masuk dan sudah dibahas adalah perda pembentukan produk hukum daerah. Produk ini terakhir pada 2014, selanjutnya ada perubahan dari Pemendagri. "Ini baru diusulkan, dan masih dibahas di eksekutif," kata Evi meyakini.

Berikut 11 perda pajak yang masih menunggu dari pihak provinsi yakni perda Pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan, perda Bea perolehan hak atas tanah fan bangunan, perda Pajak penerangan jalan, perda Pajak reklame, perda Pajak restoran, perda Pajak hotel, perda Pajak air tanah, perda Pajak mineral bukan logam dan batuan, perda Pajak hiburan, perda Pajak sarang burung walet dan perda Pajak parkir.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments