Kamis, 21 November 2019

Tuntut Kepsek Mundur, Ratusan Siswa SMA 3 Tebo Demo dan Mogok Belajar


Senin, 21 Oktober 2019 | 11:41:05 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARATEBO - Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Tebo, Senin (21/10/2019), menggelar aksi demo dan mogok belajar, menuntut agar kepala sekolah mereka, M. Firdaus mundur. Sebagai kepala sekolah, Firdaus dinilai telah mengeluarkan kebijakan kontroversial dan memberatkan siswa.

Demo ratusan siswa SMA 3 tersebut digelar usai upacara bendera. Dalam orasinya, siswa meminta M. Firdaus mundur dari jabatan kepala sekolah SMA 3 Tebo.

Rada, perwakilan siswa SMA Negeri 3 mdngatakan selama ini M. Firdaus tidak transparan dalam mengelolah dana BOS. Dana senilai Rp900 juta selama setahun untuk SMA Negeri 3 tidak jelas peruntukannya.

Selain itu, kara Rada, semua kegiatan Pramuka tidak lagi menggunakan dana BOS, namun memggunakan dana Pramuka. Rada juga mengatakan setiap kegiatan ekstrakurikuler tidak pernah lagi di-support sekolah dengan alasan tidak ada anggaran.

"Terus kalau ada anak pindahan m diminta beli cat," ujarnya.

Selanjutnya untuk anak kelas 1 yang baru masuk belum apa-apa sudah diminta bayar keramik. "Inikan pungli," tegasnya.

Dikatakannya lagi, perlengkapan kesehatan di sekolah saat ini sama sekali tidak ada, kalaupun ada hanya ada sebotol minyak kayu putih. Sementara itu yang menjadi hak siswa saja harus bayar, seperti kartu pelajar siswa.

"Kami maunya kepsek segera diganti. Kami sudah bersabar selama ini," tegasnya.

Sementara itu, isu yang berkembang di luar sekolah dari salah seorang wali murid, menuturkan jika selama ini urusan sekolah yang seharusnya diatur oleh Kepsek M. Firdaus malah ada campur tangan tangan istri.

"Istrinyo pun ikut ngatur tu," sebut salah seorang wali murid yang enggan disebutkan namanya.

Pantauan di lapangan, M. Firdaus tampak berada di tengah kerumunan siswa yang menggelar aksi demo. Berada di atas podium, M. Firdaus berupaya meyakinkan dan memberikan pengertian kepada siswa.

"Tenang anak-anakku, kita bicarakan masalah ini baik-baik. Malu banyak bapak-bapak wartawan di sini," kata Firdaus.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments