Rabu, 20 November 2019

Dorong Promosi Pariwisata Jambi, KRC MTB XCO 2019 akan Berlangsung Di Kerinci


Rabu, 23 Oktober 2019 | 13:57:50 WIB


/ istimewa

JAMBI - Tahun 2019 ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi akan menggelar kegiatan Sport Tourism Event Kerinci Mountain Bike Cross Country (KRC MTB XCO) yang dilaksanakan pada 1 hingga 3 November mendatang bertempat di Sirkuit Alam Lindung Kerinci, Kayu Aro Kabupaten Kerinci.

Penggagas KRC MTB XCO yang sekaligus pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Amril menyampaikan, mengingat keterbatasan atau masih minimnya anggaran, pelaksanaan kegiatan ini menggandeng event organizer Indonesia untuk pelaksanaan atau penyelenggaraan evennya  Sedangkan untuk penyelenggaraan teknis dilakukan oleh pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Provinsi Jambi.

"Ini dimaksudkan agar penyelenggaraan dapat terselenggara secara baik dan profesional," tuturnya kepada Metro Jambi, Rabu (23/10/2019).

Amril mengatakan, Kelas dan kategori yang akan dilombakan adalah Elite Man (open), Junior Man (open), Lokal Provinsi Jambi, Master A, dan Master B. "Khusus untuk kelas lokal Provinsi Jambi termasuk peserta lokal Kerinci, pendaftaran dilakukan di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Kerinci dan Teras Festival Cafe," sampainya.

Sedangkan waktu pendaftaran peserta dibuka sejak 8 hingga 31 Oktober mendatang. Amril berharap keikutsertaan peserta Sport Tourism Event KRC MTB XCO 2019 akan lebih banyak lagi.

"Karena sampai dengan hari ini saja telah mendaftar peserta sebanyak 78 pembalap/pesepeda MTB. Antara lain dari Provinsi Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Riau, Bogor, Lubuk Linggau dan Musi Rawas. Masih ada sisa waktu pendaftaran lagi," ujarnya.

Amril menjelaskan, terselenggaranya ide kegiatan ini berangkat dari pentingnya dilakukan upaya terus-menerus dan mendorong promosi kepariwisataan sebagai potensi luar biasa di Provinsi Jambi. Sehingga dirasa perlu membuat sebuah event yang dilakukan di lokasi destinasi wisata yang memiliki keunggulan dan branding pariwisata sehingga dipilihlah kawasan Kayu Aro di gunung Kerinci 3805 mdpl sebagai gunung api aktif tertinggi di Indonesia dikenal sebagai atap sumatera dan perkebunan teh terluas Kayu Aro dan Gunung Tujuh.

"Berawal dari alasan-alasan itulah jadinya di tahun 2018 kita membuat sebuah Sport tourism Event Kerinci Mountain Bike Cross Country (KRC MTB XCO) ini," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments