Minggu, 17 November 2019

Pengumuman CPNS Khusus Provinsi Jambi Tahun Depan


Kamis, 24 Oktober 2019 | 10:26:32 WIB


Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Husairi.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Husairi. / istimewa

JAMBI - Proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), khususnya untuk Provinsi Jambi, belum dapat terwujud tahun ini. Pasalnya pengumuman tersebut akan dialihkan pada tahun 2020 mendatang, atau diperiode kedua.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi Husairi. Dikatakan Husairi, ini merupakan kewenangan dari KemenPAN-RB. Dimana pada tahun 2020 nanti akan ada dua kali penerimaan CPNS, yaitu di bulan Februari dan pertengahan tahun.

"Jadi pengumuman CPNS untuk Provinsi Jambi setelah pelaksanaan tahapan yang tengah berjalan ini. Untuk 2020 di Februari sama bisa saja dibulan-bulan Oktober seperti yang diumumkan sekarang. Semua kewenangan di Kemenpan. Kita minta dan belum dikasih ya sudah, terimalah," tuturnya, Kamis (24/10/2019).

Tertundanya pengumuman CPNS tersebut, kata Husairi, hanya untuk Provinsi Jambi saja. Namun di kabupaten/kota sudah diumumkan saat ini.

"Ada sekitar 5 atau 6 provinsi lain yang seperti itu. Tidak tahu pertimbanganya apa, saya kurang jelas. Tapi itulah (informasinya, red) Jambi diminta untuk lebih ditata lagi kepegawaiannya. Mungkin dianggap penataan kami belum merata," bebernya.

Kendati demikian, terkait kuota dan formasinya, Husairi menyebut seperti yang diajukan awal oleh BKD Provinsi Jambi. "Harus berdasarkan Batas Usia Pensiun (BUP) yang rata-rata mendekati 330 sampai 360 orang. Nah kemarin kita mengajukan 336 kalau tidak keliru saya," ujarnya.

Dikatakannya lagi, tidak tertutup kemungkinan untuk adanya perubahan kuota maupun formasi nantinya. "Iya bisa saja. Nanti kami akan komunikasikan lagi dengan para SKPD. Sedangkan untuk anggarannya otomatis kami ajukan kembali di 2020," pungkasnya.

Diketahui, beberapa Kabupaten/kota di Jambi saat ini sudah mengumumkan perihal kepastian kuota dan formasi CPNS. Sedangkan untuk pelaksanaan akan dimulai bulan Februari 2020.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments