Senin, 2 Agustus 2021

Kwarda Pramuka Jambi Adakan Temu Pembina Gelombang I

Kamis, 31 Oktober 2019 | 21:27:11 WIB


Kakwarda Pramuka Provinsi Jambi Sudirman berfoto bersama peserta temu pembina
Kakwarda Pramuka Provinsi Jambi Sudirman berfoto bersama peserta temu pembina / metrojambi.com

JAMBI - Belum optimalnya minat di tingkatan pembina Pramuka Garuda Siaga dan pembina Pramuka Garuda Pandega membuat Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jambi mengadakan temu pembina gelombang I, yang akan berlangsung dari tanggal 31 Oktober hingga 3 November mendatang.

Ketua Kwarda Jambi H. Sudirman, SH, MH mengatakan, terselenggaranya temu pembina ini selain sebagai rangkaian dari kegiatan Kwarda Jambi, juga dilatarbelakangi minimnya jumlah pembina dibandingkan anak didiknya.

"Kita sadar betul bahwa jumlah pembina sedikit dibandingkan dengan anak didik. Para pembinapun harus terus disegarkan terkait dengan pemahamannya, ilmu pengetahuan kepramukaannya supaya nanti memiliki penambahan wawasan dalam mendidik anak didik disekolah (gugus depan,red) masing-masing," terangnya usia pembukaan temu pembina tersebut, Kamis (31/10/2019).

Menurut Sudirman, para pembina mempunyai kewajiban untuk mendorong dan menciptakan anak-anak didiknya sampai kepada tingkatan pramuka garuda mulai dari siaga, penggalang, penegak dan pandega.

"Melalui pembina inilah kita berharap dapat mencetak generasi muda harapan bangsa untuk memimpin daerahnya. Selain itu mudah-mudahan setelah ini jumlah pembina terus meningkat melalui kursus mahir dasar/lanjutan maupun kursus pelatih," harapnya.

Disampaikan Sudirman bahwa berdasarkan survei dilapangan, saat ini konsentrasi untuk tingkatan pembina lebih dominan kepada pramuka garuda penggalang serta penegak dibandingkan pembina pramuka garuda siaga dan pandega.

"Pembina pramuka garuda penggalang dan penegak saja mencapai 300 orang dan itu sudah terpenuhi lampauan targetnya. Sedangkan sebaliknya untuk pembina pramuka garuda siaga dan pandeganya minim," katanya.

Oleh karena itu, Sudirman meminta kepada pihak spesialis pembina siaga dan pandega Kwarda Jambi untuk memberikan langkah-langkah strategis supaya seiring sejalan dalam membenahi ketimpangan yang ada. "Sebab titik lemahnya konsentrasi para pembina malah lebih fokus ke penggalang, penegak. Siaga pandega belum optimal," ujarnya.

Kegiatan temu pembina tak terlepas pula dengan visi misi meningkatkan jumlah 1000 pramuka garuda simpatik di 2022. Dimana saat ini tercatat mencapai 267 orang dari target mulai tahun 2019 adalah 300 orang pramuka garuda simpatik.

"Target tahun depan 300 orang lagi. Sehingga nanti di 2022 kita bisa capai 1000, mudah-mudahan lebih," kata Sudirman.

Sebelumnya, ketua panitia M Syabri Haris, SP menyampaikan, tujuan kegiatan temu pembina tersebut agar terciptanya pembina yang handal dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan, dan dapat menciptakan pramuka garuda sesuai dengan tingkatannya.

"Dengan diikuti sebanyak 44 orang pembina pramuka dalam jajaran Kwarda Jambi dan akan berlangsung hingga hari Minggu besok," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments