Sabtu, 14 Desember 2019

Universitas Prasetiya Mulya Mencetak Lulusan yang Mampu Bersaing Sebagai Pelaku Industri Terkini


Minggu, 03 November 2019 | 21:57:44 WIB


Mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya saat mengikuti perkuliahan
Mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya saat mengikuti perkuliahan / istimewa

JAMBI – Setiap perguruan tinggi memiliki keunikan tersendiri dalam hal kegiatan belajar dan mengajar. Hal ini dilakukan demi tercetaknya lulusan yang mampu menghadapi berbagai macam tantangan di masa depan.

Sejak tahun 1982 Universitas Prasetiya Mulya terus mengalami pembaruan dalam hal learning process agar tidak tergilas roda percepatan teknologi. Program studi yang ditawarkan

Universitas Prasetiya Mulya mengandung penguasaan ilmu manajemen dan teknologi yang dewasa ini sangat dibutuhkan untuk menjawab tantangan masa depan. Kampus ini pun banyak membuka kerjasama dengan perusahaan agar didikannya bisa mempelajari dunia profesional. International Office pun dihadirkan untuk menjalin kerjasama dengan beberapa kampus top dunia.

Untuk menyeimbangkan kemampuan teoritik yang telah ditanamkan di kelas, kurikulum Prasetiya Mulya konsisten melakukan berbagai project untuk mewadahi kegiatan praktikal mahasiswa pada tahun pertama dan kedua perkuliahan. Lalu, Prototype Development Project yakni menciptakan produk yang layak dikomersialisasikan, mahasiswa terlebih dahulu melakukan tahap demi tahap dari eksperimentasi, prototyping hingga uji di lab virtual. Mahasiswa juga dilatih untuk dapat mengasah critical dan strategic thinking melalui studi kasus yang riil dari perusahaan.

Prasmulyan (sebutan untuk mahasiswa Prasetiya Mulya) diwajibkan mengikuti program magang (OJT, On the Job Training) bekerja di perusahaan sejak tingkat pertama perkuliahan selama satu bulan saat libur semester menjelang semester 2. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan setiap mahasiswa kepada dunia kerja dan mempelajari standar kerja profesional, membangun jejaring, mengembangkan keterampilan dan kematangan pribadi.

Tidak hanya berkembang dalam hardskills, pada tahun pertama perkuliahan mahasiswa mendapatkan mata kuliah Personal Development Program yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan personal mahasiswa, mulai dari membangun percaya diri, berlatih presentasi, public speaking, kepemimpinan hingga kepekaan sosial. Di akhir pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa harus menyelesaikan program kerja sosial.

Di tahun ketiga, dibuka kesempatan bagi mahasiswa Prasetiya Mulya untuk berkuliah satu semester di beberapa kampus top dunia yang telah bekerjasama dengan International Office Prasetiya Mulya. Hingga saat ini, Prasmul telah memberangkatkan mahasiswa ke UNSW Australia, NTU Taiwan, Tsinghua University China dan Boston University Amerika.

Jiwa entrepreneurship juga terus dibangun dalam ekosistem bisnis yang menyeluruh selama masa perkuliahan. Mahasiswa dalam kelompok akan menjalankan program pengembangan kapasitas dan kesejahteraan masyarakat melalui aktivitas kewirausahaan selama satu bulan menjelang semester 6. Diharapkan, project yang dikerjakan harus bisa memberikan dampak positif bagi keluarga mitra di desa.

Tentu saja selama berkuliah di Universitas Prasetiya Mulya, Prasmulyan mendapatkan  dukungan penuh dari staf akademik berupa pendampingan dan bimbingan. So, tunggu apalagi segera daftar dan buktikan bahwa lulusan lokal namun mampu bersaing di kancah internasional. Untuk pendaftaran kunjungi prasmul.link/pendaftarans1. Pendaftaran kota Jambi akan ditutup pada tanggal 12 November 2019. Pelaksanaan Tes Seleksi pada 17 November 2019 di SMA Xaverius I Jambi. (*)


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments