Rabu, 25 November 2020

KPU Harus Jaga Netralitas


Senin, 04 November 2019 | 11:17:43 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta secara terbuka mengumumkan ke publik jika memiliki hubungan keluarga atau sanak saudara dengan peserta Pemilu.

Sesuai Pasal 9 huruf i Peraturan Bersama KPU, Bawaslu, dan DKPP tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilu, menyatakan secara terbuka dalam rapat apabila memiliki hubungan keluarga.

Ketua KPU Provinsi Jambi Subhan mengatakan, seluruh komisioner KPU kabupaten dan kota akan mengumumkan itu, namun tidak sekarang.

Karena menurutnya, saat ini belum ada yang ditetapkan sebagai calon baik bupati maupun gubernur.  "Iya, nanti pas sudah ditetapkan sebagai calon, kita umumkan. Kalau sekarang belum menjadi calon," kata Subhan, Senin (4/11/2019).

Sementara itu terkait dengan video ketua Ketua KPU Bungo Bisri berfoto bersama salah satu tim bakal calon Bupati Bungo belum lama ini, menurut Subhan, sebenarnya secara substansinya tidak masalah. Namun lebih baik hal itu dihindari.

Menurutnya, memang saat ini belum ada calon, mengingat proses masih dalam persaingan perebutan dukungan parpol. Namun secara etika hal itu kurang baik.

"Kita itu tidak hanya netral, tapi kelihatan juga harus netral. Walaupun kita netral, tapi kita duduk dengan anggota partai jadi kelihatannya tidak netral. Padahal sesungguhnya kita netral, Indepeden dan berintegritas," katanya.

Oleh karena itu kata Subhan, hal seperti sebaiknya dijaga dan dihindari. "Jaga etika," pungkasnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments