Rabu, 19 Mei 2021

Menwa Jambi Gelar Latihan Dasar di Tanjabbar


Senin, 04 November 2019 | 20:39:22 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI- Sebanyak 91 orang anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) Sultan Thaha Jambi mengikuti pendidikan latihan dasar (Diklatsar) di kawasan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, 4-13 November 2019.

Pembukaan kegiatan latihan dasar tersebut, seperti dirillis Humas Pemkab Tanjabbar, dilakukan oleh Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf M Arry Yudistira SIp MIPol di Tanjabbar, Senin. Hadir pula pada kegiatan itu Wakil Bupati Tanjabbar H Amir Sakib.

Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf M Arry Yudhistira menyatakan kegiatan Diksar Menwa yang dilaksanakan sejalan dengan program Danrem 042/Gapu dalam membentuk karakter dalam bela negara.

Menurut dia, Menwa merupakan kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan pertahanan dan keamanan rakyat.
Selama 10 hari ke depan, menurut Dandim akan diisi pembinaan fisik dan mental, dasar dasar pemerintahan, monthering, kewaspadaan nasional, bela diri militer, halang rintang, survival dan lainnya.

"Kegiatan (Diksar) sebagai wahana yang sangat baik guna meningkatkan rasa nasionalisme, sikap hormat menghormati, dan terciptanya generasi muda yang tangguh, mandiri, dan pekerja keras. Sehingga dapat meningkatkan rasa nasionalisme, bela negara, cinta tanah air, serta rasa persatuan dan kesatuan yang merupakan nilai luhur bangsa Indonesia," katanya.

Sementara itu Kepala Staf Komando Nasional (Kaskonas) Menwa Indonesia M Deni menyambut baik pelaksanaan Diksar Menwa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Sebab dengan Diksar ini pula sebagai salah satu upaya menumbuhkan jiwa patriotisme di kalangan pemuda yang mulai memudar.

"Ini merupakan perwujudan dari UUD pasal 30 tentang hak dan kewajiban warga negara dalam bela negara. Ini penting sekali dilaksanakan jaman sekarang dikarenakan adanya kemerosotan patriotisme di kalangan pemuda, sehingga diharapkan kader kader Menwa yang mengikuti Diksar dapat melakukan pengabdian ditengah masyarakat," katanya.

Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs H Amir sebut pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) Resimen Mahasiswa (Menwa) untuk membentuk pemuda yang tangguh, dan jiwa patriotisme.

Dia mengatakan dengan pelaksanaan Diksar Menwa dapat menumbuhkan jiwa patriot bagi pemuda Indonesia, khususnya Tanjab Barat atau Jambi. "Dengan pelatihan ini dapat mengembangkan semangat jiwa patriotisme bagi pemuda dalam rangka membela negara," katanya.

Amir Sakib yang juga Menwa pada tahun 1984 itu menyebutkan menjadi anggota Menwa tidak mudah. Meskipun demikian, Menwa harus hidup di tengah tengah masyarakat. Sehingga diharapkan semangat dalam berdinamika.

"Mereka diharapkan siap menghadapi tantangan kedepan yang cukup berat di industri era 4.0. Dituntut bersikap kritis, transparan, dan berjiwa patriot," kata Amir Sakib.


Penulis: Antara
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments