Kamis, 14 November 2019

Pemkot Jambi Kota Pastikan Sinergi Program OPD dengan RPJMD

Wawako : Kalau ada infrastruktur yang belum selesai dilanjutkan tahun berikut

Selasa, 05 November 2019 | 10:44:41 WIB


Wawako Maulana, dalam kegiatan pencanangan warga peduli TBS di Kota Jambi.
Wawako Maulana, dalam kegiatan pencanangan warga peduli TBS di Kota Jambi. / Amril Hidayat/Metrojambi.com

JAMBI – Semua  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintah kota Jambi diminta untuk mensinergikan programnya dengan  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)

Ini supaya  proses perencanaan program kerja di setiap OPD tidak berlarut-larut. Program yang dirancang harus mengacu pada RPJMD dengan prioritas pembangunan infrastruktur dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Usulan program kegiatan, baik dari tiap OPD dan lintas sektor Pemkot Jambi hendaknya berkaitan dan bersinergi dengan RPJMD Pemkot Jambi,” kata Wakil Wali Kota Jambi Maulana.

Maulana memerintahkan untuk mencoret program yang diusulkan oleh setiap bidang jika program yang diusulkan tidak memperhatikan RPJMD kota itu. Selain program kerja pada tahun sebelumnya tidak diperkenankan untuk di usulkan kembali. Terkecuali program yang proses pembangunannya berkelanjutan.

“Apabila ada infrastruktur yang belum selesai pada tahun pertama kemarin, akan diselesaikan di tahun kedua mendatang,” kata Maulana.

Terkait sosialisasi Permendagri No.33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2020, Maulana mengatakan pengelolaan keuangan daerah harus lebih fokus terhadap kegiatan yang berorientasi produktif dan memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas SDM, pelayanan publik dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Sosialisasi tersebut untuk memberikan pemahaman kepada pejabat terkait dalam penyusunan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020. Sesuai dengan prinsip, kebijakan dan teknis penyusunan APBD memperhatikan sinkronisasi kebijakan Pemerintah Daerah dengan kebijakan Pemerintah pusat.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments