Selasa, 19 November 2019

Tak Buka Penjaringan, PAN Sudah Putuskan Dukungan untuk Pilgub Jambi dan Pilkada Tanjabtim


Rabu, 06 November 2019 | 10:07:31 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

 JAMBI - Tekad Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mengusung H Bakri, ketua DPW PAN Provinsi Jambi, untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahu  2020 mendatang sepertinya sudah final.

Partai berlambang matahari terbit itu punya modal 7 kursi di parlemen. Artinya, untuk bisa mengusung H Bakri di Pilgub Jambi, PAN hanya butuh mencari 4 kursi lagi sebagai syarat minimal jumlah dukungan.

Selain untuk Pilgub Jambi, PAN juga telah memastikan dukungan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) tetap ke pasangan Romi Hariyanto-Robby Nahliansyah, yang saat ini menjabat Bupati dan Wakil Bupati Tanjabtim.

Namun untuk menentukan arah dukungan di Pilkada empat daerah lainnya, yakni Sungai Penuh, Bungo, Batanghari, dan Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), PAN akan membuka penjaringan pada pertengahan November ini.

Sekretaris DPW PAN Provinsi Jambi Ahmad Khusaini mengatakan, untuk saat ini partainya tidak akan buka penjaringan bakal calon Gubernur Jambi karena H. Bakri ikut dalam kontestasi.

"Kita lihat ke depannya bagaimana, yang jelas sekarang ini tidak akan buka," kata Khusaini usai mengambil formulir penjaringan Bacagub untuk H. Bakri di DPD Gerindra Provinsi Jambi, Selasa (5/11/2019).

Meskipun begitu, kata dia, tetap tidak menutup kemungkinan jika nanti akan dibuka penjaringan di tingkat DPW. Ia menyebutkan, DPP sendiri sangat mendukung seluruh kader PAN yang ingin ikut dalam kontestasi Pilkada yang ada di Jambi. Apalagi untuk Pilgub, H. Bakri didukung penuh oleh DPP.

"Beda dengan Tanjabtim, kita tidak buka penjaringan karena cukup untuk mengusung," bebernya.

Ketua Tim Pilkada DPW PAN Provinsi Jambi Yos Adrino menambahkan, ada empat daerah yang akan dibuka penjaringan yakni Sungaipenuh, Bungo, Batanghari dan Tanjabbar.

Rencananya, kata dia, pada pertengahan November ini, empat DPC kabupaten dan kota akan membuka penjaringan kandidat yang akan diusung PAN secara serentak.

"Untuk waktunya sekitar tanggal 15 November, besok malam kita rapat membahas hal itu," ujar Yos.

Yos menyebutkan jika PAN mendorong kadernya untuk maju sebagai nomor satu. Namun nantinya tetap mengacu pada hasil survei.

Terkait Pilwako Sungai Penuh, Yos enyebutkan jika Dipo Ilham Djalil sudah menjajaki dua partai, yakni PPP dan Gerindra. Menurutnya hal itu sangat baik, mengingat dorongan dari DPP untuk para kader maju di hajatan lima tahunan nanti.

Disinggung soal namanya digadang-gadang bakal maju di Pilwako Sungaipenuh, Yos Adrino mengatakan, jika dirinya lebih fokus menjadi ketua tim Pilkada DPW PAN Provinsi Jambi.

"Kita konsentrasi menjadi ketua tim Pilkada, namun jika partai mendorong kita siap," tandasnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments