Selasa, 19 November 2019

Sidang Lanjutan Perkara Suap Pengesahan RAPBD Provinsi Jambi Ditunda


Kamis, 07 November 2019 | 09:21:31 WIB


Joe Fandy Yoesman alias Asiang saat menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Jambi belum lama ini
Joe Fandy Yoesman alias Asiang saat menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Jambi belum lama ini / dok.metrojambi.com

 JAMBI – Sidang perkara suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi 2018 dengan terdakwa Joe Fandy Yoesman alias Asiang, ditunda hingga Selasa (12/11/2019) pekan depan.

Seyogyanya, sidang lanjutan kasus suap yang melibatkan kontraktor besar Jambi ini digelar hari ini, Kamis (7/11/19). Namun sidang ditunda lantaran majelis hakim yang menangani perkara ini berhalangan.

Menurut informasi, pada sidang hari ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupai (KPK) kembali akan menghadirkan sejumlah saksi. Salah satunya mantan Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Erwan Malik.

Handika Hanggawongso, kuasa hukum Asiang membenarkan jika sidang yang dijadwalkan hari ini, ditunda Selasa (12/11/2019) pekan depan. "(Hari ini, red) tidak ada sidang. Sidangnya Selasa minggu depan," ujarnya.

Handika mengatakan, tertundanya sidang pemeriksaan saksi hari ini lantaran hakim ketua Viktor, ada dinas di Jakarta. Sehingga sidang tersebut harus ditunda.

"Majelis hakim ada acara di Mahkamah Agung (MA)," tandasnya.

Terpisah, Yandri Roni, Humas Pengadilan Tipikor Jambi, juga mengatakan hakim ketua Viktor, yang juga wakil Pengadilan Negeri (PN) Jambi itu mengikuti musyawarah nasional Ikatan hakim Indonesia (IKAHI) di Jakarta.

"Pak ketua majelisnya yang juga Pak Wakil lagi ikut Munas Ikahi di Jakarta, dan sidangnya ditunda selasa depan," ujarnya.

Untuk diketahui, sejauh ini JPU KPK baru menghadirkan 22 saksi, mulai dari mantan anggota DPRD Jambi periode 2014-2019 hingga staf pihak PU dan swasta lainnya.

Mereka adalah Syahbandar, Cornelis Buston, Poprianto, Tajudin Hasan, M Juber, Ce Man, Chumaidi Zaidi, dan Parlagutan Nasution.

Saksi lainnya yakni Deny Ivantriesnyana, Wahyudi, Wasis Sudibyo, Nusa Suryadi, Amidy, Sufardi Nurzain dan El Helwi. Kemudian Supriyono, Arfan, Saipudin, Ali Tonang alias Ahui, Lina, dan Kusnindar.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments