Sabtu, 16 November 2019

Tanggapi Keluhan Perbedaan Besaran TPP ASN, Sukandar: Disesuaikan dengan Analisis Beban Kerja


Kamis, 07 November 2019 | 21:30:12 WIB


Bupati Tebo Sukandar
Bupati Tebo Sukandar / dok.metrojambi.com

MUARATEBO - Banyaknya keluhan dan laporan terkait penerimaan pendapatan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang berbeda tiap-tiap ASN di lingkup OPD Pemkab Tebo, langsung ditanggapi Bupati Tebo Sukandar. Adanya perbedaan pendapatan pada tiap ASN itu sudah sesuai dengan aturan dan telah melalui bayak pertimbangan.

"Prosesnya tidak mudah, harus melalui beberapa kajian untuk memberikan TPP yang sesuai dari beragam aspek," ungkap Sukandar, Kamis (7/11/2019).

Terlebih, kata Sukandar, keuangan Pemkab Tebo sepertinya belum stabil dan mengharuskan untuk melakukan perombakan TPP. Alhasil, jelasnya, bersama Bakeuda Tebo pemerintah melakukan study banding ke beberapa daerah untuk melihat seperti apa penerapan TPP yang sesuai dan ideal.

Selain melakukan study banding, Pemerintah Tebo juga turut melakukan analisis beban kerja sebagai tolak ukur untuk menentukan besar kecilnya TPP.

"Saya contohkan begini, tenaga perpustakaan analisis beban kerjanya tentu berbeda dengan beban kerjaan bagian keuangan," terang Sukandar.

"Beban kerjaan itu bisa waktu, model pekerjaan yang bervariasi dan juga tentu membutuhkan skill. Tentu berbeda dengan beban kerjaan yang biasa menjadi rutinitas," ujarnya lagi.

Untuk itu, ia juga menekankan jika perhitungan TPP tersebut sewaktu waktu bisa saja berubah jika ada peraturan terbaru dari Kemenkeu. "Jika memang peraturan baru mengharuskan berubah, ya kita akan ikuti juga," ujarnya.

Sejauh ini, Sukandar dapat memaklumi jika ada ASN yang masih ada keluhan terkait perbedaan pendapatan TPP. Menurutnya, itu hal yang wajar. Untuk itu, ia menyampaikan jika perhitungan TPP saat ini sudah melalui study banding dan analisis beban kerja.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments