Senin, 9 Desember 2019

Wartawan dan Humas Pemkot Jambi Jambi Studi Banding Ke Batam


Kamis, 07 November 2019 | 14:50:05 WIB


Studi banding Pemkot Jambi bersama dengan wartawan Kota Jambi di Batam
Studi banding Pemkot Jambi bersama dengan wartawan Kota Jambi di Batam / istimewa

BATAM-Studi banding Pemkot Jambi bersama dengan wartawan Kota Jambi di Batam, Kamis (7/11/2019) langsung mengunjungi dua tempat sekaligus. Tempat itu adalah Kantor Batam Pos serta Pemkot Batam.

Di Batam Pos, rombongan studi banding disambut oleh Pimred Batam Pos, Pimred Batam Pos Online, dan juga Koordinator Liputan Batam Pos. Sedangkan ketika berada di Pemkot Batam, tim disambut oleh Kadiskominfo, Kabag Humas, serta beberapa pegawai lainnya.

Saat kunjungan di Batam Pos, Koordinator Liputan, M. Nur, menyebutkan bahwa pola pemberitaan disini hampir sama dengan di Jambi, terutama yang satu grup. Pihaknya juga membuka peluang kerjasama dalam bentuk apapun baik pemberitaan, iklan, dan juga yang lain dengan Pemkot Jambi. "Karena Batam seperti yang kita tahu adalah sebagai etalase dunia, semuanya ada di Batam," katanya.

Selain itu, meskipun tetap fokus pada bentuk kerja sama, pihaknya tetap dalam pemberitaan harus kritis. Hanya saja memang kritis itu tidak pada posisi membabi buta, dan juga kritis itu dilakukan untuk membangun dan membuat pemerintah lebih baik lagi. "Ditambah lagi memang karena banyak sekali sudah media, jadi harus terverifikasi sekarang ini seluruh media biar tidak ada masalah," ujarnya.

Sementara itu, ketika berada di Pemkot Batam, Efriyus, menyebutkan sangat iri dengan apa yang bisa dilakukan oleh Pemkot Jambi. Karena menurutnya selama ini Pemkot Batam tidak pernah punya kegiatan seperti itu yang memang teranggarkan. "Mungkin ini jadi sebuah contoh yang baim bagi kami, dan jujur kami iri dengan ini," katanya.

Ia mengatakan, harapannya memang kedepannya Pemkot Batam bisa melakukan hal serupa seperti yang dilakukan Pemkot Jambi. Karena selama ini juga Pemkot Batam hanya sebatas melakukan gathering, dan itupun kadang dilakukan akhir-akhir tahun untuk diskusi dengan para Pimred ataupun wartawan langsung. "Karena memang anggaran untuk itu (studi banding, red) memang tidak ada. Harapannya nanti meskipun kemungkinan humas dileburkan, bisa melakukan ini nantinya," tandasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments