Jumat, 22 November 2019

Dari Budaya Baca Sampai Terbentuknya Paguyuban Orang Tua, Begini Dukungan Komite Sekolah di Kota Jambi


Jumat, 08 November 2019 | 14:37:18 WIB


/ Rina/Metrojambi.com

JAMBI - Sejumlah sekolah dan madrasah mitra LPTK Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin dan Universitas Jambi (Unja), memamerkan keberhasilan Program PINTAR di bidang manajemen berbasis sekolah.

Hal itu terungkap ketika kepala sekolah, guru, dan pengawas mitra LPTK tersebut melaksanakan kegiatan pelatihan modul II manajemen sekolah di Kota Jambi, pada 6-7 November 2019 lalu.

Seperti di MI Kurnia yang telah membuat program budaya baca dan sudut baca di setiap kelas. "Dengan tersedianya sudut baca, madrasah kami dapat memberikan dampak kepada siswa agar bisa memberikan kenyamanan siswa dalam membaca," ucap Muh. Fauzan, guru MI Kurnia.

Hal menarik dari pembuatan sudut baca ini adalah adanya kerja sama guru dan wali murid yang tergabung dalam paguyuban orang tua siswa. "Buku bacaan dan pembuatan pojok baca, berkat bantuan orang tua juga, kita terus tingkatkan kerja sama dengan mereka," ungkapnya.

Ada juga SDN 211/X Mendalo Darat Kab. Muaro Jambi, sebagai sekolah mitra LPTK Unja banyak perubahan yang dilakukan oleh warga sekolah yang berada di dekat kampus Unja ini. Seperti terbentuknya paguyuban orang tua dan jadwal pembiasan positif sebelum pembelajaran dimulai.

"Banyak hal positif setelah menjadi sekolah mitra LPTK Unja, kami mendapatkan banyak manfaat setelah mengikuti pelatihan Tanoto Foundation," ujar Elizona, kepala SDN 211/X Mendalo Darat.

Sementara itu, komite sekolah Romatua Br. Sihombing menyampaikan apresiasi atas pelatihan yang melibatkan komite. "Tentu senang ya, sekarang semua terbuka, komite juga selalu dilibatkan, setelah guru, kepala sekolah, dan komite dilatih bersama," katanya.

Kegiatan pembiasaan yang dimaksud di SDN 211/X itu adalah sebelum pembelajaran dimulai ada kegiatan membaca bersama dan pendampingan oleh orang tua, khususnya kelas awal. "Ya, sebagai komite kami dukung untuk kemajuan sekolah," sampainya.

Komite MI Al Munawwaroh Kota Jambi Drs. Darul Ulum juga mengungkapkan keberhasilan Program PINTAR di madrasahnya. Banyak hal dilakukan untuk mendukung pembelajaran, budaya baca, dan manajemen sekolah.

"Secara umum, hasil pelatihan banyak kami rasakan manfaatnya, seperti menata kelas, mendukung program budaya baca, dan tentu saja siswa menjadi senang ketika pembelajaran dari gurunya aktif," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments