Jumat, 22 November 2019

Kerinci Lumbung Pangan Provinsi Jambi

Delapan Tanaman Lokal Kerinci Mendapatkan Sertifikat Kementerian Pertanian

Kamis, 07 November 2019 | 14:58:39 WIB


Bupati Kerinci Adirozal menerima 8 Sertifikat Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
Bupati Kerinci Adirozal menerima 8 Sertifikat Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia. / Dedi/metrojambi.com

KERINCI - Kabupaten Kerinci merupakan salah satu daerah lumbung Pangan di Provinsi Jambi. Hasil bumi kabupaten paling barat wilayah Jambi itu, sebagian besar disuplay untuk memenuhi kebutuhan masyarakat se-Provinsi Jambi.

Tak heran, Kerinci yang juga dikenal sebagai daerah wisata ini terus menerus berupaya meningkatkan produksi pertanian untuk menjaga kestabilan lumbung pangan serta menyejahterakan petani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kerinci, Radium Halis mengatakan, sebagai lambung pangan Provinsi Jambi dan untuk meningkatkan hasil dan produk pertanian, pihaknya berkomitmen akan meningkatkan pembinaan kepada kelompok tani dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Kerinci.

"Kita akan mengaktifkan kelompok penangkar terutama yang tergabung dalam kelompok Seribu Desa Mandiri Benih (SDMB), yaitu kelompok binaan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura yang telah mandiri sebanyak enam kelompok untuk dapat mengembangkan benih label ungu, masing-masing seluas minimal 50 hektare untuk dapat menghasilkan benih sebanyak 600 ton," sebutnya.

Selain itu, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kerinci juga akan membantu para petani dalam bentuk dana pembinaan serta obat dan peralatan pertanian lainnya.
"Kita akan terus meningkatkan hasil pertanian. Dengan meningkatnya produk pertanian, maka semakin banyak permintaan hasil pertanian Kerinci keluar daerah. Hal ini bisa membantu meningkatkan perekonomian para petani di Kerinci," katanya.

Selain itu, untuk memajukan pertanian dan pangan merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Provinsi Jambi mendukung Jambi Tuntas 2021. "Pak Gubernur meminta petani Kerinci untuk  meningkatkan produk dan kualitas hasil tani, nanti Pemprov juga akan bantu kebutuhan para petani," tandasnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Kerinci pada September 2019 yang lalu telah menerima 8 Sertifikat Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia Prof. Erizal Jamal, kepada Bupati Kerinci H.Adirozal, di Desa EnSatu, Kecamatan Kayu Aro Barat.

Delapan varietas lokal yang telah diakui sebagai kepemilikan Kabupaten Kerinci, antara lain Tanaman Holtikultura yaitu Bawang Putih Varietas Jangkiriah Adro, Bawang Merah Varietas Baki Adro, Cabai Varietas Loker Telun Berasap, Cabai Varietas Ahang Adro, dan Kentang Varietas Kubik Adro.

Sedangkan tanaman Pangan padi Varietas Padi payo Dukung, Padi Varietas Padi Payo Bunga Melur, dan Ubi Jalar Varietas Ubi Jalar Silo.

Bupati Kerinci, Dr.H.Adirozal menyampaikan, dengan terdaftarnya hasil tani akan menyejahterakan masyarakat.  "Hasil petani Kerinci didaftarkan bisa untuk disebar dan tentunya meningkatkan nilai jual," ujarnya.

Kepala PPVTPP Kementerian Pertanian, Prof.(R).Erizal Jamal menyatakan, kesiapan pihak kementerian membantu apapun yang terkait dengan pembangunan pertanian di Kerinci.

"Hari ini kami buktikan dengan penyerahan sertifikat sebagai tanda pemerintah mengakui bahwa varietas yang kita berikan sertifikat itu murni milik pemerintah dan masyarakat kabupaten Kerinci," ujar Erizal.

Ia menyampaikan, data jumlah varietas tanaman yang saat ini ada 1.468 varietas yang sudah didaftarkan, dan 38 varietas dari Provinsi Jambi yang 13 diantaranya dari Kabupaten Kerinci.

"Varietas potensial yang siap untuk didaftarkan kami siap untuk mendampingi, harapan menjadi produk unggulan nasional menambah semangat petani dan kami siap bantu dan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten Kerinci," kata Erizal.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikuktural Kabupaten Kerinci, Radium Halis mengatakan, bahwa pihak terus akan kembangkan varietas tanaman Kerinci. "Setelah di daftar ini kita akan lakukan pelepasan, kita sudah mengambil langkah pelepasan dengan uji adaptasi dan keunggulan, nanti setelah di label bisa di label milik Kerinci," jelasnya.

Sedangkan untuk pengembangan penanaman bawang putih, pada tahun 2019 ini, pihaknya menyiapkan lahan sekitar 100 hektare di kabupaten Kerinci.

"Untuk bawang putih kita siapkan lahan sekitar 100 hektare tahun 2019 ini, yang tersebar di Kecamatan Kayu Aro dan Bukit Kerman, karena harus di dataran tinggi," jelasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments