Selasa, 2 Juni 2020

Susur Galur Pahlawan Jambi Raden Mattaher

(Dari Anaknya yang Menetap di Bogor, Jawa Barat)

Minggu, 10 November 2019 | 13:30:23 WIB


Screenshot dokumen dari film dokumenter Perjuangan Raden Mattaher yang diproduksi oleh BPNB KEPRI. Isi dokumen tentang keturunan dari anak-anak Raden Mattaher.
Screenshot dokumen dari film dokumenter Perjuangan Raden Mattaher yang diproduksi oleh BPNB KEPRI. Isi dokumen tentang keturunan dari anak-anak Raden Mattaher. / istimewa

RADEN Mattaher atau Mattahir merupakan salah satu pahlawan dari Jambi yang saat ini sedang diproses untuk diusulkan menjadi pahlawan nasional. Di Jambi, sejarah tentang sosok yang dikenal sebagai Singo Kumpeh ini sudah banyak diungkap, diperbincangkan, dikupas, dan dipopulerkan baik dalam bentuk tulisan, fragmen pementasan, maupun film dokumenter.  

Dari berbagai sudut pandang sejarah, kajian, dan upaya untuk memperkenalkan pahlawan yang tidak hanya berbasis lokal, menunjukkan bahwa sinyalemen kuat ke arah pengangkatannya sebagai pahlawan nasional sangatlah terbuka lebar. Dengan demikian, upaya untuk memperkenalkan sosok pahlawan dari Jambi ini ke masyarakat Indonesia yang lebih luas sangat perlu dan mendesak. Misalnya dengan memasukkan biografinya ke dalam buku sejarah, atau melalui media lain yang dipersyaratkan. 

 Jangan berhenti pada tataran wacana saja, tetapi perlu implementasi nyata yaitu ditindaklanjuti secara lebih komprehensif dari pihak terkait, terutama oleh pemerintah daerah Provinsi Jambi. Tidak ditunda-tunda, karena faktanya sudah menunjukkan rentang waktu yang sangat panjang jika dihitung dari gugurnya sang pahlawan yaitu tahun 1907, sudah 112 tahun. Meskipun pada era 1960, 1980, 2014 pernah dicoba diusulkan, namun selalu gagal1,2).  

Menurut Junaidi T. Noor (sejarawan dan budayawan Jambi) sebagaimana dilaporkan oleh Syarif Abdullah3) diharapkan pengusulan Raden Mattaher menjadi pahlawan nasional akan tuntas pada tahun 2019 ini. Oleh karena itu, kelengkapan persyaratan dan kajiannya perlu dilengkapi dan dilakukan secara serius dan tuntas juga.

Tulisan ini tidak akan membahas sisi perjuangan Raden Mattaher sebagai salah satu aktor pejuang gigih yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah Kesultanan Jambi. Demikian juga tidak membahas seputar upaya untuk mengupas ke arah pengangkatannya sebagai pahlawan nasional. Penulis hanya akan mengupas dari sisi lain, yang akan menjadi 

 

1) Baitri, J.H. (2014). HBA Ajukan Raden Mattaher Sebagai Pahlawan Nasional. https://jambi.tribunnews.com/2014/05/06 [1 September 2019]  

 

2) Dicky (2019). Silsilah Raden Mattaher Ada Dua Versi. https://www.jambiday.com/2019/  

   [1 September 2019]

 

3) Syarif Abdullah (2019). Sejarawan Dorong Muaro Jambi Peduli Jejak Sejarah Raden 

   Mattaher. https://www.antaranews.com/berita/821152 [1 September 2019]


Penulis: I. M. Trisawa
Editor: M Ali Surachman
Sumber: I.M. Trisawa, keturunan Rd. Mattaher.


comments