Rabu, 11 Desember 2019

Ibu Kandung Korban Pencabulan Ayah Tiri Juga Dijadikan Tersangka


Senin, 11 November 2019 | 10:08:06 WIB


Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Jambi Kompol Yuyan Priatmaja saat mengekspos kasus pencabulan anak tiri dengan tersangka berinisial JP (54)
Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Jambi Kompol Yuyan Priatmaja saat mengekspos kasus pencabulan anak tiri dengan tersangka berinisial JP (54) / dok.metrojambi.com

 JAMBI – Penyidik Subdit IV Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jambi ternyata telah menetapkan tersangka baru terkait kasus pencabulan terhadap seorang gadis remaja berinisial IC.

Awalnya, polisi menetapkan JP (54), ayah tiri korban sebagai tersangka. Setelah melakukan pengembangan, polisi lantas juga menetapkan ibu kandung korban berinisial AD sebagai tersangka.

Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Jambi Kompol Yuyan Priatmaja saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, AD ditetapkan sebagai tersangka karena diduga ikut terlibat dalam kasus pencabulan tersebut.

"Ibunya turut serta membantu (tersangka JP, red) agar terlaksananya pencabulan terhadap anak itu," kata Yuyan.

Ditambahkan Yuyan, penetapan AD sebagai tersangka dilakukan setelah pihaknya melakukan pengembangan berdasarkan petunjuk yang diberikan jaksa.

Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, Yuyan mengatakan pihaknya tidak melakukan penahanan terhadap AD. "Saat ini wajib lapor karena masih ada tanggungan anaknya," ujarnya.

Lebih lanjut Yuyan mengatakan, dalam kasus ini AD dikenakan pasal 81 dan pasal 82 Undang-Undang Perlindungan Anak, jo pasal 55 KUHP.

"Penerapan pasalnya hampir sama dengan tersangka JP. Ancaman hukumannya 15 tahun penjara," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, kasus ini berawal saat Subdit IV PPA Ditreskrimum Polda Jambi mendapat laporan dari seorang gadis bernama IC. Warga Kota Jambi ini mengaku telah dicabuli oleh pelaku JP, yang tak lain adalah ayah tirinya.

Setelah mendapat laporan tersebut, polisi langsung menangkap pelaku di rumahnya. JP sempat melawan hingga kaca mobil polisi pecah.

Di hadapan polisi, pria 54 tahun ini mengaku telah berulang kali menggauli anak tirinya sejak IC masih berusian 16 tahun. Bahkan JP mengaku pernah menggauli korban dihadapan istrinya, AD, yang juga ibu kandung koban.


Penulis: Novri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments