Sabtu, 28 November 2020

Menebak Arah Dukungan HBA di Pilgub Jambi 2020


Senin, 11 November 2019 | 11:23:00 WIB


Hasan Basri Agus (HBA)
Hasan Basri Agus (HBA) / istimewa


Dukungan HBA dinilai sebagian pihak sangat memberi efek bagi siapa saja yang didukungnya, karena HBA punya pendukung dan simpatisan yang cukup menyebar.

Hal itu dibuktikan dengan terpilihnya HBA sebagai anggota DPR RI dengan suara terbanyak di provinsi Jambi yaitu dengan jumlah 200.000 lebih, sehingga Golkar bisa memperoleh dua kursi di DPR RI hasil Pemilu 17 April 2019 lalu.

Pengamat politik Universitas Jambi (Unja) Dori Effendi menilai, apa yang dilakukan HBA dengan memperkenalkan Haris, adalah hal yang biasa dan wajar-wajar saja. Apalagi kata dia, Haris memang punya kedekatan dengan HBA sebagai anak angkat dan orang yang dibinanya selama ini.

“Jadi wajar-wajar saja. Akan berbeda kalau HBA mengenalkan Cek Endra (CE), Sukandar atau lain,” katanya.

Diakui doktor lulusan Universitas Putra Malaysia jurusan Government dan Politics ini, kedekatan Haris dengan HBA memang memberikan efek, tetapi ini akan memberikan dua opsi, Merangin dan Sarolangun.

Karena selain Haris, ada Cek Endra yang merupakan orang Sarolangun yang satu kabupaten dengan HBA. Keduanya sama-sama orang Golkar. “Kalau duet, tidak akan membawa ke kemenangan, tapi ini masih dinamis,” katanya.

Selain itu, kata Dori, Haris sendiri sampai saat ini belum mampu memberikan kepastian kepada HBA bahwa Golkar akan memberi dukungan kepadanya. Berbeda dengan CE, dia punya kekuatan di pusat.

“Kalau saya melihat begitu, kalau CE punya kekuatan di pusat, kalau Haris tidak punya itu,” katanya.

Bagaimana jika kedua-keduanya sama-sama maju di Pilgub nanti, kemana HBA akan memberikan dukungan? Jika itu terjadi kata dia, HBA pasti akan memberikan dukungan kepada Haris.

“HBA pasti akan dukung Haris, karena CE ini tidak bisa diatur, dia punya kekuatan sendiri, baik electoral kapital maupun electoral sosial, sudah mumpuni,” katanya.

Meski begitu, Dori mengatakan, dirinya belum bisa dipastikan siapa yang akan maju untuk Golkar. Karena kata dia, politik itu dinamis, masih-masih bisa berubah-ubah. “Setelah Munas Golkar nanti baru keliatan siapa yang akan maju untuk Golkar, bisa saja nanti empat calon dari Golkar,” katanya.

Oleh karena itu, Dori melihat, peluang HBA maju tetap ada meski pun saat ini belum terlihat. “Kalau HBA maju maka wakil yang terbaik menurut saya adalah Abdullah Sani,” katanya.

Bagaimana dengan Bupati Tebo Sukandar, menurut Dori itu akan susah terwujud karena sama-sama satu partai. “Tapi kalau dengan Sukandar agak susah, karena sama-sama Golkar, kecuali duet dengan calon dari partai lain,” ujarnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments