Minggu, 7 Juni 2020

Ketua DPRD Jambi: Jangan Lupakan Sejarah dan Jasa Pahlawan


Minggu, 10 November 2019 | 15:38:05 WIB


Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto
Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto / dok.metrojambi.com

 JAMBI - Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto mengajak segenap komponen bangsa Indonesia jangan larut dalam kondisi kekinian belaka, namun harus memaham, tidak melupakan masa lalu perjalanan sejarah dan para pelakunya dalam memperjuangkan negeri ini.

"Dengan sejarah itulah kita akan mengukir sejarah baru, peradaban baru untuk menuju Indonesia lebih maju di 2045. Jangan sekali-kali melupakan sejarah dan jasa pahlawan," , kata Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto pada peringatan Hari Pahlawan di depan Kantor Gubernur Jambi di Kota Jambi, Minggu.

Ia menyebutkan, semua elemen bangsa ini tidak boleh larut dalam satu kondisi sehingga tidak memperhatikan perjalanan sejarah bangsa ini, karena masa lalu merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan untuk menghadirkan masa depan bangsa ini.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan harapan dan ajakan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menggali dan memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Ia menyampaikan kutipan pidato Presiden RI pertama Soekarno tentang potensi kaum muda yang menjadi modal untuk perjuangan dan menegakan bangsa Indonesia.

"Berikan aku 1.000 orang tua niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya dan berikan aku 10 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia. Itulah salah satu kutipan pesan Bung Karno," kata Edi Purwanto.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menegaskan momentum peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan hari agar tidak diartikulasikan secara seremonial saja.

"Jadi bagaimana kita mengkhidmatkan betul jasa-jasa pahlawan kita, antara tetesan air mata dan darah untuk kemerdekaan bangsa Indonesia ini," ujarnya.

Sementara itu peringatan Hari Pahlawan 10 November di Jambi dipusatkan di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi di Telanaipura Kota Jambi.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 diikuti anggota TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Provinsi Jambi dan unsur organisasi pemuda serta pelajar.

Usai upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November, Ketua DPRD Provinsi Jambi bersama Forkopimda lainnya juga melaksanakan upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Bhakti Thehok, Kota Jambi dilanjutkan tabur bunga di makam pahlawan.

Pada pelaksanaan upacara ziarah nasional itu, bertindak sebagai inspektur upacara Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments