Rabu, 11 Desember 2019

Jelang Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Gelar Seminar Gerakan Anti Politik Uang


Selasa, 12 November 2019 | 16:14:12 WIB


Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu dalam seminar gerakan anti politik uang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu dalam seminar gerakan anti politik uang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. / Sahrial/metrojambi.com

JAMBI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu dalam seminar gerakan anti politik uang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Selasa (12/11/2019).

Acara yang digelar Abadi Convention Center (ACC) Abadi Suite Hotel itu menghadirkan sejumlah narasumber dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI), Indonesia Corruption Watch (ICW), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Guru Besar Universitas Jambi dan lainnnya.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Asnawi mengatakan, untuk pemilihan kepala daerah 2020 mendatang pihaknya menginginkan Pemilu bebas dari politik uang.

"Setidaknya forum yang diadakan hari ini memberikan edukasi bagi kita bagaimana mengantisipasi terkait maraknya politik uang di penyelenggaraan pemilihan umum ini," ujar Asnawi dalam sambutannya.

Oleh karena itu, Asnawi juga mengayakan bahwa pihaknya menginginkan masing-masing Kabupaten/Kota mempunyai kordinator untuk melawan politik uang ini.

"Nantinya kita mengiginkan agar ada kordinator di Kabupaten/Kota supaya nantinya Pilkada yang akan datang dapat mejadikan politik uang sirna," kata Asnawi.

Untuk diketahui, acara osialisasi pengawasan politik uang ini dihadiri oleh akademisi, OKP, Organisasi Kemahasiswaan, Organisasi Pemuda, Organisasi Masyarakat dan Bawaslu Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments