Minggu, 15 Desember 2019

Kades Diminta Pasang Baliho Pengelolaan APBDes


Sabtu, 15 Juni 2019 | 13:52:30 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

SAROLANGUN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sarolangun me-warning para kepala desa (Kades) untuk mempublikasikan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2019, dengan memasang baliho.

Sekretaris Dinas PMD Sarolangun Samsurizal mengatakan, baliho harus dipasang di tempat umum. Isinya sesuai dengan kesepakatan dalam musyasarah desa (musdes).

"Kami telah mengimbau seluruh Kades agar memasang baliho di setiap kantor desa. Bukan saja untuk anggaran tahun ini, namun untuk tahun-tahun sebelumnya untuk transparan ini telah dikakukan dan aturan ini juga belum di hapus,” kata Samsurizal saat dikonfirmasi, Jumat (14/6/2019).

"Tujuannya agar masyarakat tahu kegiatan pembangunan di desa mereka," ujarnya lagi.

Sementara itu, Rayes, salah seorang pendamping desa saat dikonfirmasi mengatakan persoalan baliho APBDes itu sudah diangarkan di Dana desa,dan masuk dalam RAB desa.

"Hal ini sudah kita sampaikan pada pihak desa. Baliho itu harus dipasang karena, ini adalah sifatnya wajib dan juga sudah diuraikan dalam Undang-Undang Nomor 6 soal tranparansi pengunaan dana desa yang akuntabel dalam penggunaan agar bisa di ketahui oleh masyarakat dan Instansi lain," kata Rayes.

Dalam waktu dekat ini, lanjut Rayes, ia akan evaluasi soal tersebut dan mengingat saat ini dana tahap dua juga akan cair dalam waktu dekat.

"Kita juga akan surati dinas PMD soal ini apa bila masih saja para kepala desa tidak pasang baleho dan papan merek kegiatan yang bersumber dari dana desa, kita mintak dinas tidak mencair kan untuk dana tahap tiga," pungkasnya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments