Kamis, 5 Desember 2019

Personel Ditintelkam Polda Jambi Paparkan Bahaya Radikalisme dan Terorisme pada Mahasiswa Baru Unbari


Senin, 16 September 2019 | 13:44:39 WIB


/ kolase Metrojambi.com

JAMBI - Universitas Batanghari (Unbari), Sabtu (14/9/2019) lalu, menggelar pelatihan pendidikan karakter bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020, dengan mengangkat tema "Melalui pendidikan karakter kita tingkatkan insan yang berintegritas dan berakhlak mulia".

Kegiatan yang diikuti hampir 500 mahasiswa dari Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian itu dimoderatori oleh Drs. Kasiono, M.Pd.

Salah seorang narasumber yang dihadirkan adalah Ipda Sudiro, PS Panit 3 Subdit 5 Direktorat Intelkam Polda Jambi. Di hadapan peserta pelatihan, Ipda Sudiro memberikan materi mengenai bahaya radikalisme dan terorisme.

Dalam pemaparannya, Ipda Sudiro menyampaikan tentang perkembangan lingkungan strategis yang meliputi global nasional dan regional, hakikat terorisme dan radikalisme, serta keterkaitan antara keduanya.

"Pemuda dan mahasiswa harus memiliki daya tangkal terhadap radikalisme dan terorisme, serta tidak memberikan kesempatan bagi tumbuhnya gerakan ideologi radikal yang bertentangan dengan Pancasila di lingkungan kampus," beber Ipda Sudiro.

Pemateri juga menjelaskan Latar belakang dan pemahaman kelompok teroris serta pola penyebarannya, proses perekrutan anggota kelompok radikal dan teroris serta Pemahaman terhadap Pancasila, karena dengan mengamalkan Pancasila dalam kehidupannya sehari hari akan menimbulkan anti radikal dan terorisme.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemutaran video tentang nasionalisme, Pancasila yang sila-silanya terdapat dalam Alquran, serta kewaspadaan terhadap pemikiran Khawarij dan Manhaj Hizbut Tahrir, yang merongrong kekuasaan pemerintah dengan sistem khilafah. (*)


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments