Selasa, 20 Oktober 2020

Ketua Dewan Tegaskan Rencana Pergantian Sekda Tak Mengganggu Pembahasan Anggaran


Kamis, 14 November 2019 | 10:27:29 WIB


Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto
Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto / istimewa

JAMBI - Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, menanggapi rencana pergantian M Dianto dari jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) karena memilih menjadi Widyaiswara. Menurut Edi, mundurnya Dianto tidak akan mengganggu proses pembahasan RAPBD tahun 2020.

Untuk diketahui, selain menjabat sebagai Sekda, Dianto juga merupakan ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang memiliki posisi strategis dalam menetapkan RAPBD provinsi Jambi.

Dikatakan Edi, proses pembahasan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2020 tetap berjalan. “Insya Allah Pembahasan APBD tetap berjalan, sekarang Banggar (Badan Anggaran) sedang membahasnya bersama komisi dan OPD terkait,” ujar Edi, Kamis (14/11/2019).

Edi juga menjelaskan bahwa rapat Banggar adalah pembahasan tahap kedua. “Sebelum rapat Banggar, masing-masing komisi kan sudah melakukan pembahasan dengan OPD-OPD yang ada, jadi Rapat Banggar sebenarnya tinggal pemantapan, Alhamdulillah di awal Rapat Banggar, Senin lalu (11/11, red) kita sudah mendengar paparan dari TAPD, jadi kita sudah dapat gambaran besarnya, seputar kondisi APBD 2020,” terang Edi.

Apakah rencana mundurnya Dianto akan mengganggu kinerja TAPD? Menurut Edi tidak berpengaruh. “TAPD itu kan tim, memang ketuanya Sekda, tapi di dalamnya kan ada Bakeuda, Bappeda, ada asisten gubernur juga, Insya Allah semuanya tetap berjalan normal,” kata Edi.

Namun demikian, demi kelancaran organisasi pemerintah provinsi Jambi, Edi berharap Gubernur segera menunjuk Plt Sekda.

“Jadi mohon doanya saja, semoga pembahasan APBD cepat selesai, dari seminggu yang lalu Komisi-komisi dan sekarang Banggar terus melakukan pembahasan dengan OPD, kita marathon sampe malam. Tapi, saya juga berharap Gubernur segera menuju Plt. Sekda,” pungkas Edi.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments