Rabu, 11 Desember 2019

Smart City dan Peran Citizen


Kamis, 14 November 2019 | 13:35:25 WIB


Nandra Mailani
Nandra Mailani / istimewa

PADA era globalisasi dan digital saat ini, pelayanan informasi yang cepat, tepat dan akurat sangat diperlukan, karena masyarakat sekarang adalah masyarakat yang haus akan informasi.

Smart City menjadi salah satu inovasi yang kini sedang gencar-gencarnya dibangun tekhusus di Indonesia, sebagai salah satu bentuk langkah modernisasi dan adopsi teknologi ke dalam sektor yang lebih luas. Tanggerang, Bandung, Makasar, dan Jambi merupakan beberapa contoh kecil dari kota-kota di Indonesia yang sedang mencoba  mengadopsi konsep smart city.

Konsep smart city sejatinya muncul karena pergeseran dramatis dari jumlah populasi yang ada di daerah perkotaan yang mendorong warga, perencana kota, pelaku bisnis, dan pemerintah untuk melihat sebuah visi baru, kota pintar, konsep smart city juga akan meningkatkan partisipasi masyarakat dan pemerintahan dalam memanfaatkan data aplikasi.

Pertanyaannya saat ini adalah apa itu Smart City ? Smart City merupakan pengembangan dan pengelolaan kota dengan memanfaatkan teknologi informasi (IT) yang bertujuan untuk menghubungkan, memonitoring dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada didalam kota secara efektif dan efisien, dan dilansir dari kominfo.go.id sebuah kota dapat dikatakan Smart City apabila didalamnya lengkap dengan infrastruktur dasar, dan juga memiliki transportasi yang lebih efisien dan terintegrasi.

Menurut pakar Smart City Winarno, konsep smart city juga menerapkan lingkungan yang lebih lestari karena konsep pengaturan limbah dan air yang jauh lebih maju. Tentu saja dengan tujuan agar dapat mendatangkan wisatawan sebanyak mungkin, menarik investor agar berinvestasi, kemudian menarik penghuni baru dari kalangan baik professional, akademisi, dan usahawan bertempat tinggal di kota tersebut, dijelaskan juga bahwa melalu konsep Smart City membuat layanan pemerintah dapat lebih cepat, serta berdampak kepada masyarakat, diharapkan teknologi tidak hanya semata-mata milik orang kota namun, teknologi juga dapat dirasakan di perdesaan dengan begitu dapat meningkatkan produktivitas daerah dan daya saing ekonomi.

Peran Citizen

Ada beberapa landasan dalam upaya membangun Smart City salah satunya Peran dan dukungan Masyarakat atas program-program, kebijakan, peraturan dan komitmen pemerintah guna mewujudkan sebuah kota cerdas, dukungan tersebut dapat berbentuk ikut serta langsung menjadi pelaku dalam membangun kota yang cerdas, menjaga baik sarana dan prasarana yang telah dibangun oleh pemerintah,, menyampaikan ide atau saran yang inovatif untuk memperbaiki sistem yang telah dterapkan, serta membangun sikap sosial yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya, dengan kata lain dalam upaya mewujudkan sebuah kota dengan konsep Smart City, bukan hanya peran pemerintah yang di perlukan namun peran citizen juga sangat diperlukan, karena dapat ditinjau kembali bahwa tujuan utama dari membangun Smart City ini adalah bagaimana citizen dapat membentuk suatu komunitas dan mereka dapat tinggal dengan nyaman disana, jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam upaya membangun smart city dibutuhkan kerjasama antar pemerintah, citizen, dan IT.

*) Penulis merupakan mahasiswa program studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Jambi


Penulis: Nandra Mailani
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments