Rabu, 11 Desember 2019

Serahkan SK PPIU, Kasi Pembinaan Haji dan Umrah: Wajib Lapor per 6 Bulan


Kamis, 14 November 2019 | 13:52:51 WIB


Penyerahan SK pengesahan izin cabang PPIU
Penyerahan SK pengesahan izin cabang PPIU /

JAMBI - Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jambi, menyerahkan Surat Keputusan (SK) Kanwil Kemenag Provinsi Jambi tentang Pengesahan Kantor Cabang PT. Light Water sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) Kabupaten Merangin, Rabu (13/11/2019).

Penyerahan SK pengesahan izin cabang PPIU tersebut diserahkan oleh petugas PTSP kepada pimpinan cabang PT. Light Water yang disaksikan langsung Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah.

Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah Arfani mengatakan, bahwa proses pengurusan berkas di Kanwil Kementerian Agama maksimal 14 hari setelah berkas diajukan ke PTSP.

"Setelah terbitnya SK ini, pihak perusahaan penyelenggara Ibadah umrah memiliki kewajiban untuk melapor ke Kanwil Kementerian Agama jika ada perubahan data perusahaan. Jadi, ada kewajiban melapor ke Kanwil jika ada perubahan data alamat, pengurus, maupun perubahan data lainnya," ujarnya.

Arfani menambahkan, termasuk juga kewajiban melapor setiap per 6 bulan terkait data jamaah ibadah umrah. Menurutnya, pihak Kementerian Agama akan terus melakukan pembinaan dan pengawasan terkait pemberangkatan jamaah ibadah umrah.

"Kita cek dan awasi apakah benar perusahaan tersebut benar memberangkatkan ibadah umrah sesuai jumlah jamaah yang terdata," sebut Arfani.

Selanjutnya, Pimpinan Cabang PT. Light Water Afrian Taufiq mengaku puas dengan pelayanan PTSP Kanwil, dimana proses pengurusan penerbitan SK tersebut tepat waktu.

"Pelayanan Kemenag sangat bagus, sejak pertama memasukkan berkas pengajuan, sudah diinformasikan bahwa akan dihubungi dan ternyata benar prosesnya cepat dan mudah," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments