Rabu, 11 Desember 2019

Dirikan Pusat Studi ASEAN, Unja Jalin Kerjasama Dengan Kemenlu


Jumat, 15 November 2019 | 16:14:01 WIB


Dekan Fakultas Hukum Unja, Helmi berjabat tangan dengan Direktur Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN Kemenlu RI, Riaz Saehu.
Dekan Fakultas Hukum Unja, Helmi berjabat tangan dengan Direktur Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN Kemenlu RI, Riaz Saehu. / istimewa

Jambi – Universitas Jambi (Unja) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dan kuliah umum berkasama dengan Direktorat Jendral Kerja Sama ASEAN, Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) RI.

Penandatangan nota kesepahaman ini dilakukan Riaz Saehu selaku Direktur Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN Kemenlu RI dengan Rektor Unja yang diwakilkan Dekan Fakultas Hukum Helmi, di gedung rapat senat lantai III Rektorat Unja, Kamis (14/11/2019).

Selain itu, juga dilakukan peresmian pusat studi ASEAN ke-58. Untuk diketahui, pusat studi ASEAN sendiri sudah berdiri sejar tahun 2013.

Direktur Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN Kemenlu, Riaz berharap lewat penandatangan nota kesepahaman ini, dapat melakukan kerja sama yang erat dalam rangka meningkatkan ASEAN awareness serta meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya di Jambi dan mahasiswa, bagaimana ASEAN bisa relefan bagi masyarakat.

"Diharapkan Unja juga bisa memberikan konstribusi dalam hal kajian yang terkait isu-isu dalam pilar politik keamanan dan sosial budaya. ASEAN juga termasuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah dalam menghadapi isu-isu," ujarnya.

Dijelaskannya, tidak semua isu dapat diselesaikan oleh Pusat Studi ASEAN yang ada. Sehingga, masing-masing pusat studi diharapkan bisa memiliki titik fokus agar permasalahan dapat terselesaikan dengan baik.

Sementara, itu, Dekan Fakultas Hukum Unja, Helmi mengatakan, kegiatan ini bisa berperan lebih aktif untuk berkontribusi dengan aktifitas ASEAN serta penguatan kelembagaan seperti permasalahan Karhutla di Jambi.

"Semoga ASEAN dan Pusat Studi Asean dapat menjadi fasilitator dalam penyelesaian persoalan terkait lingkungan hidup di kawasan Indonesia termasuk di daerah Jambi," harapnya.


Penulis: Cr2
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments