Rabu, 11 Desember 2019

Pemkab Batanghari Peringatan Hari LH Sedunia

Angkat Tema Biru Langitku, Hijau Bumiku

Sabtu, 16 November 2019 | 11:08:55 WIB


Asisten II Setda Batanghari, Kadis LH Batanghari foto bersama para pihak terkait yang hadir.
Asisten II Setda Batanghari, Kadis LH Batanghari foto bersama para pihak terkait yang hadir. / istimewa

BATANGHARI - Pemerintah Kabupaten Batanghari memperingati Hari Lingkungan Hidup (LH) Sedunia, Sabtu (16/11). Dalam peringatan itu, diangkat tema "Biru Langitku, Hijau Bumiku".

Acara yang bertempat di Lapangan Garuda tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Batanghari yang diwakilkan oleh Asisten II Setda Batanghari, Rijaludin dan tentunya didampingi oleh Kadis LH Batanghari, Parlaungan, SP.

Sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada peringatan hari lingkungan hidup sedunia berbunyi, mesti kita pahami bersama bahwa seperti negara lain, Indonesia dihadapkan pada permasalahan dampak dari peningkatan aktivitas dan kebutuhan manusia, yaitu berupa penumpukan sampah plastik.

"Yang hingga kini perlu dilakukan tindak lanjut pengelolaan yang cepat, tepat dan ramah lingkungan," ujar Asisten II saat memberikan sambutan.
Lanjut dikatakan Rijaludin, hal itu sangatlah penting, mengingat sampah plastik merupakan benda yang tidak dapat terurai dalam waktu yang sangat lama hingga jutaan tahun.

"Ini juga dapat mengakibatkan pencemaran tanah, air, dan laut," katanya.
Sementara Parlaungan menyampaikan, peringatan hari LH juga terfokus pada “Kendalikan Sampah Plastik”, sebagai perwujudan komitmen bersama seluruh pihak dalam upaya mengatasi bahaya sampah plastik di berbagai belahan dunia, juga di Indonesia.

"Ini mengandung arti motivasi kerja sekuat tenaga untuk atasi sampah, juga kerja yang sistematis dalam mengurangi sampah, mengolah sampah dan melakukan pengelolaan sampah berkelanjutan melalui kegiatan daur ulang, atau dikenal dengan istilah 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle), serta yang penting adalah upaya bersama kolaborasi semua pihak, pemerintah/pemda, masyarakat dan dunia usaha," ujar Kadis LH Batanghari.

Acara diawali dengan senam sehat bersama, lalu dilanjutkan dengan pembagian botol minum ke masyarakat agar mengurangi pemakaian sampah plastik. Kemudian dilanjutkan dengan lomba puisi, kostum baju dari limbah bekas, serta pencabutan doorprize.

Terakhir diakhiri dengan pengujian emisi kendaraan roda empat didepan lapangan garuda Kabupaten Batanghari.


Penulis: chy
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments