Minggu, 8 Desember 2019

SMA Xaverius 1 Undang Kampus Luar Negeri

Kenalkan Lebih Dekat Orangtua dan Siswa Kelas VII

Selasa, 01 Oktober 2019 | 14:00:46 WIB


Siswa mencari sumber informasi terbagus dari berbagai perguruan tinggi yang ikut dalam pameran
Siswa mencari sumber informasi terbagus dari berbagai perguruan tinggi yang ikut dalam pameran / jay/metrojambi.com

JAMBI – SMA Xaverius I Jambi kembali menggelar pameran perguruan tinggi di sekolah. Pameran dengan tema Giat Faur kali ini, merupakan tahun keempat secara berturut-turut sekolah menggelar kegiatan serupa.

Pameran ini sendiri merupakan salah satu upaya SMA Xaverius 1 Jambi yang berada di kawasan Thehok, Kota Jambi ini untuk menuju sekolan internasional.

"Tahun ini, pameran diikuti berbagai perguruan tinggi, baik dalam maupun luar negeri. Mereka membuka stand di pameran yang kita laksanakan," ungkap Kepala SMA Xaverius 1 Jambi, Agus Tri Nugroho, Senin (30/09).

Agus menyebutkan, kampus yang membuka pendaftaran atau yang menerima siswa baru semakin ramai. Beberapa kampus luar negeri ada yang berasal dari Malaysia, Singapura, dari konsultan, serta kampus di Indonesia sendiri.

" Sebenarnya kampus di Indonesia banyak juga yang bagus, tetapi memang kampus di luar negeri banyak yang terkenal se dunia," jelasnya. "Alumni SMA Xaverius 1 Jambi yang telah menyelesaikan pendidikan juga ikut dalam pameran ini," katanya.

Dikatakannya, tujuan kegiatan ini adalah, orang tua dan siswa lebih mudah mendapatkan informasi mengenai kampus mana yang akan dituju untuk melanjutkan pendidikan baik ke luar maupun di dalam negeri.

"Dengan adanya pameran ini, mereka bisa memilih ingin kuliah dimana, dan tidak berfikir setelah tamat SMA tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,’’ katanya.
Selain itu, orangtua dan anak, sebelum mengambil jurusan yang diminati harus sesuai minat dan bakat, sehingga nantinya anak tidak salah memilih hingga mengundurkan diri atau pindah pindah jurusan. "Banyak sekarang kejadian seperti itu," ungkapnya.

Apalagi mahasiswa harus mengerti dan memahami bahasa setempat dan mencapai wawasan yang diinginkan, sehingga saat tiba di Jambi banyak ilmu yang didapat. "Caranya, harus banyak bertanya sama kenalan, serta banyak belajar di perpustakaan," ujarnya.

Ia berharap, dengan pameran yang semakin ramai pesertanya menjadi nilai plus untuk siswa-siswi serta pulang dengan sejuta prestasi yang membanggakan. "Serta tidak lupa dengan SMA  Xaverius 1 Jambi," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments