Senin, 16 Desember 2019

Tahun Depan akan Dibangun Boarding School di Lokasi Pemukiman SAD


Selasa, 19 November 2019 | 14:57:09 WIB


/ Dok/metrojambi.com

SAROLANGUN - Sejak 4 tahun terakhir Pemerintah Kabupaten Sarolangun konsen dalam melakukan pembinaan terhadap komunitas adat terpencil atau Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah tersebut. Mulai dari pembinaan mental maupun menyiapkan sarana infrastruktur.

Hal itulah yang mendasari pusat menunjuk Sarolangun sebagai daerah percontohan pembinaan SAD. Bupati Sarolangun, Cek Endra mengatakan, dengan pembinaan itu kini SAD yang dulu hidup berpindah, sekarang bisa menetap dan layaknya masyarakat pada umumnya.

”Salah satu upaya kita, yakni kawasan kampung madani yang kita rencanakan dengan pak Pangdam dua tahun lalu. Kawasan sudah kita serah terima. Kawasan itu juga menjadi pilot project nasional, ini semua berkat ide bersama,” Kata Cek Endra.

Nantinya 2020, di kawasan tersebut akan dibangun Islamic Boarding School, guna pembinaan sprirtual agama dan pendidikan umum lainnya sebagai pembentukan karakter anak-anak SAD agar lebih maju.

”Jadi di sana nanti ada pendidikan umum dan agamanya, anak-anak ini nantinya akan kita inapkan langsung mengenai biayanya kita gratiskan atau ditanggung pemerintah,” terangnya.

Selain itu, kata Cek Endra, pemerintah akan menambah lahan seluas 10 hektare sebagai tempat pembinaan terhadap warga SAD.

”Tanah ini nanti jadi tempat perekonomian mereka nanti akan dibangun Demplot pertanian. Kita bersama TNI juga sudah membangun akses transportasi jalan setapak sepanjang 6 KM lebih untuk akses ekonomi mereka,” jelas Cek Endra.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments