Minggu, 15 Desember 2019

Kota Jambi Raih Penghargaan Kota Sehat

2019 Kota Jambi sukses “upgrade” Kualifikasi Penghargaan dari Swasti Saba Padapa menjadi Swasti Saba Wiwerda

Selasa, 19 November 2019 | 08:51:16 WIB


/ istimewa

JAKARTA- Kota Jambi kembali bertabur prestasi. Rentetan prestasi dan penghargaan sepertinya terus menghampiri Kota Jambi. Bagaimana tidak, baru saja meraih berbagai penghargaan prestisius nasional di bidang “Smart City” dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) beberapa waktu lalu, Kota Jambi kini kembali meraih penghargaan membanggakan dibidang kesehatan, yaitu Penghargaan Swasti Saba (Kota Sehat) Tahun 2019.

Yang lebih membanggakan adalah Kota Jambi pada tahun ini sukses meng-“upgrade” tingkatan kualifikasi, yang sebelumnya Swasti Saba Padapa (Tahun 2017), menjadi Swasti Saba Wiwerda.

Penghargaan Kota/Kabupaten Sehat tersebut diterima oleh Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM dan diserahkan secara bersama oleh Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto dan Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, bertempat di Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (19/11).

Penghargaan ini diberikan kepada 6 Gubernur, 177 Bupati dan Wali Kota, serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum Kabupaten/Kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan kabupaten/kota sehat.

Dalam sambutannya Menteri Kesehatan RI, dr. Terawan berharap agar momentum penghargaan ini memberi manfaat dan pemahaman yang sama terkait arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia, menuju Indonesia Sehat.

Program Kota/Kabupaten Sehat (KKS) bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya.

Sebagaimana diketahui bahwa penghargaan Kabupaten Kota Sehat (KKS) bukanlah sebuah lomba melainkan apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005.

Penyelenggaraan Program KKS melibatkan banyak lintas sektor dan lintas program melalui Tatanan dalam KKS. Ada 7 tatanan KKS, yaitu Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum, Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi, Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat, Kawasan Pariwisata Sehat, Kawasan Pangan dan Gizi, Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri, serta Kehidupan Sosial yang Sehat.

Setiap tahun genap, dilakukan verifikasi KKS tingkat provinsi. Sementara penghargaannya diberikan setiap tahun ganjil. Adapun kriteria penghargaan meliputi, Swasti Saba Padapa yaitu penghargaan dengan kualifikasi pemantapan (2 tatanan). Swasti Saba Wiwerda, yaitu penghargaan dengan kualifikasi pembinaan (3 tatanan) dan Swasti Saba Wistara, yaitu penghargaan dengan kualifikasi pengembangan (5 tatanan).

Kota Jambi sendiri pada tahun 2017 lalu berhasil meraih Swasti Saba Kategori Padapa. Untuk Tahun 2019 ini, Kota Jambi, sukses meraih Swasti Saba dengan Kategori Wiwerda.

“Alhamdulillah kami bersama Forum Kota Sehat Kota Jambi hadir disini menerima penghargaan Swasti Saba Kategori Wiwerda. Alhamdulillah pula kategori tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Kami atas nama Pemerintah Kota Jambi mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat, Lurah, Camat dan seluruh OPD, yang bekerja mewujudkan seluruh kriteria dan indikator yang dipersayaratkan. Dimasa yang akan datang, 2 tahun lagi kita targetkan akan naik satu tingkat lagi. Kami ucapakan terima kasih dan kami persembahakan kepada seluruh masyarakat, kader-kader kesehatan di lapangan yang sudah berjuang, sehingga kita mendapatkan penghargaan Swasti Saba ini,” jelas Wawako Maulana, seusai menerima penghargaan tersebut.

Prestasi yang telah diraih Kota Jambi dibidang kesehatan, dibawah duet kepemimpinan Fasha-Maulana tidak perlu diragukan lagi. Berbagai prestasi dan penghargaan membanggakan, telah dipersembahkan bagi masyarakat Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi.

Dibidang pencapaian cakupan jaminan kesehatan, Kota Jambi telah berhasil wujudkan capaian Universal Health Coverage (UHC) 2019 lebih awal pada tahun 2018 lalu. Atas kinerja luar biasa tersebut, pada tahun 2018 lalu, Presiden RI menganugerahkan penghargaan tingkat nasional, yaitu Universal Health Coverage (UHC).

Penghargaan itu merupakan pengakuan dan apresiasi atas keberhasilan kinerja Kota Jambi dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai Program Strategis Nasonal dalam mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) atau jaminan kesehatan cakupan semesta yang telah tercapai lebih awal pada tahun 2018, sebelumnya ditargetkan pada tahun 2019.

Seperti diketahui, sebelumnya Wali Kota Jambi juga berhasil meraih anugerah Ksatria Bhakti Husada dan penghargaan Inovasi TOP 25 dengan inovasi Klinik Lansia Puskesmas Putri Ayu pada tahun 2015, Penghargaan Swasti Saba Padapa pada tahun 2017, Kota Layak Anak (KLA) Pratama pada tahun 2018, dan Kota Layak Anak Madya pada tahun 2019, serta yang paling anyar adalah Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2019, yang disematkan kepada Bunda PAUD Kota Jambi, Hj. Yuliana Fasha, S.E., M.Si. Ak. Ca. beberapa hari lalu, atas kinerja serta kepedulian Bunda PAUD Kota Jambi wujudkan sistem pendidikan usia dini berkualitas di Kota Jambi.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Humas Kota Jambi


comments