Rabu, 19 Februari 2020

Pelaku Begal di Tebo Dilumpuhkan dengan Tembakan


Rabu, 20 November 2019 | 14:40:40 WIB


Pelaku begal yang berhasil dilumpuhkan
Pelaku begal yang berhasil dilumpuhkan /

MUARATEBO – Pelaku begal yang selama ini meresahkan warga Kabupaten Tebo akhirnya roboh setelah diterjang timah panas. Pelaku yang terkenal sadis ini dilumpuhkan dengan tembakan karena berusaha melawan saat akan ditangkap oleh Tim Sultan Satreskrim Polres Tebo bersama anggota Polsek Tebo Ilir.

 

Warga RT 01 Desa Lubuk Kambing, Kecamatan Renah Mendaluh, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) itu sebelumnya dilaporkan oleh korban pada tanggal 10 November 2019 lalu. Berdasarkan laporan tersebut, Tim Sultan dibawah Pimpinan Bripka Nurmai Irpan Asropi A melakukan penyelidikan terhadap pelaku bernama Ibnu Jinar alias Baner (27) itu.

 

Usai melakukan penyelidikan, polisi mendapatkan informasi jika terduga pelaku itu sedang berada di rumah keluarganya di Desa Sungai Rotan, Kecamatan Renah Mandaluh Kabupaten Tanjabbar.

 

Saat melakukan pengembangan, Baner mencoba melarikan diri hingga melawan petugas. Maka dari itu, Tim Sultan terpaksa mengambil tindakan tegas dengan terarah serta terukur dengan menembak kaki tersangka.

 

Kapolres Tebo AKBP Zainal Arrahman, melalui Kasat Reskrim AKP M. Reidho Syawaluddin Taufan, saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan tersebut.

 

“Memang kita melakukan penangkapan diduga tersangka begal atas nama Ibnu Jinar als Bener, kita menangkapnya pada pukul 03.00 WIB. Saat kita melakukan penangkapan tersangka melakukan perlawanan, akhirnya tersangka begal sadis kita lumpuhkan dengan timah panas. Selain itu tersangka saat menjalankan aksinya juga menggunakan senjat api rakitan,” jelas Reidho, Rabu (20/11/2019).

 

Lebih lanjut Reidho mengatakan, dari hasil pemeriksaan diketahui jika tersangka Baner dalam menjalankan aksinya tidak sendirian, masih ada tiga tersangka lagi yang menjadi DPO.

 

"Dari interogasi yang kita kembangkan ternyata ada 4 orang pelaku begal sadis ini, 3 orang berhasil melarikan diri. Dari pengakuan tersangka, ia juga pernah membunuh korabannya di Tanjabbar,” ungkap Reidho.

 

Dari tangan tersangka, polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti, seperti sepeda motor Yamaha Vixion warna merah hitam tanpa nopol kepunyaan korban, sepeda motor Yamaha Vega wana merah hitam yang digunakan tersangka saat beraksi, serta 2 unit senjata rakitan (gobok, red). 

 

"Saat ini tersangka dan barang bukti sudah diamankan di Polres Tebo guna penyidikan lebih lanjut. Tersangka dijerat dengan pasal 365 KUHPidana," ujar Reidho.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments