Rabu, 11 Desember 2019

BI Corner ke 16 Diresmikan di IAIN Kerinci


Rabu, 20 November 2019 | 16:23:51 WIB


Kepala Kantor Perwakilan BI Jambi Bayu Martanto bersama Rektor IAIN Kerinci melakukan pengguntingan pita tanda diresmikannya BI Corner.
Kepala Kantor Perwakilan BI Jambi Bayu Martanto bersama Rektor IAIN Kerinci melakukan pengguntingan pita tanda diresmikannya BI Corner. / istimewa

Sungai Penuh - Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi, meresmikan BI Corner di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, Selasa (19/11).

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi, Bayu Martanto mengatakan, selain meresmikan BI Corner, dikesempatan ini pihaknya juga memberikan informasi mengenai program Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas perekonomian, termasuk pengembangan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan.

"Bank Indonesia akan terus memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai keberadaan dan perannya terhadap perekonomian Indonesia melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi, termasuk di IAIN Kerinci ini," ujarnya.

Menurutnya, hak ini sesuai dengan salah satu misi dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yakni melaksanakan kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan masyarakat. 

Salah satu tema unggulan "Indonesia Cerdas", Bank Indonesia adalah menginisiasi Program BI Corner untuk mendukung upaya memperkuat pemahaman masyarakat tentang keberadaan dan peran Bl, sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku berkualitas di masyarakat. 

"Ini salah satu upaya untuk menciptakan generasi gemar membaca, khususnya bagi pelajar," jelasnya.

Bayu mengatakan, saat ini sudah ada 16 BI Corner di Provinsi Jambi, baik yang ada di perpustakaan daerah, maupun perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Atas. 

"Kehadiran BI Corner juga terbukti memberikan dampak positif terhadap kebijakan pengelolaan perpustakaan dan berkontribusi mendukung peningkatan akreditasi dari perguruan tinggi/sekolah penerima manfaat," katanya. 

"Kami menitipkan B Corner ini untuk dikembangkan, dimanfaatkan secara maksimal, dijaga, dirawat dan ditatausahakan sebagai aset milik sekolah," katanya lagi. 

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kerinci Dr Azhar menyebutkan, BI Jambi telah memberikan sebanyak 164 judul buku di BI Corner kampus IAIN Kerinci. 

‘’BI Corner adalah cita cita yang sudah lama kita inginkan dan alhamdulillah saat ini terpenuhi berkat kemurahan BI Jambi. Semoga bisa dimanfaatkan mahasiswa dengan semaksimal mungkin," sebutnya. 

Dr Azhar tak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada BI Jambi yang telah memberikan bantuan melalui BI Corner untuk IAIN Kerinci. 

Usai peresmian BI Corner, dilakukan penandatanganan MoU antara BI Provinsi Jambi dan kampus IAIN Kerinci. Selanjutnya digelar sosialisasi mengenai kebanksentralan, Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), serta sosialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah. 

Selain Kepala kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi Bayu Martanto kegiatan ini dihadiri, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemkot Sungai Penuh Herman, Rektor IAIN Kerinci Dr H Sonafist Mag, Dekan FEBI IAIN Kerinci Dr Azhar dan ratusan mahasiswa.


Penulis: Bar
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments